Mengenal Tombol Keyboard Dan Fungsi Dasarnya Di Word

Jayanti.me.- Apakabar semuanya? Semoga masih semangat untuk belajar tentang ilmu Microsoft Word. Karena kita akan melanjutkan proses belajar kita lagi yang tidak kalah menarik dari materi sebelumnya.

Jika pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang cara membuka, menutup dan mengenal bagian-bagian yang ada pada Microsoft Word serta bagaimana cara menyimpan file dokumen yang kita buat.

Maka sekarang saatnya kita belajar tentang Mengenal Tombol Keyboard Dan Fungsi Dasarnya Di MS Word. Hal ini akan sangat membantu kalian saat mengedit dokumen yang kalian miliki supaya lebih cepat lagi karena kita langsung memerintahkan proses tertentu dengan cara menekan tombol-tombol pada keyboar.

Mengenal Keyboard Pada Komputer

Mengenal Keyboard Pada Komputer

Sebelum belajar tentang tombol-tombol perintah pada keyboard yang biasa digunakan untuk membuat serta mengedit suatu dokumen, alangkah baiknya bila kita berkenalan terlebih dahulu dengan keyboard pada komputer.

Keyboard adalah salah satu hardware (perangkat keras) yang berfungsi sebagai perantara antara pengguna dengan komputer. Apapun yang kita masukkan melalui keyboard akan diproses oleh komputer kemudian ditampilkan pada layer.

Anak-anak jaman sekarang mungkin tidak pernah merasakan keyboard dari mesih ketik jaman dulu yang masih manual. Seiring dengan pesatnya perkembangan zaman mesin ketik pun telah digantikan dengan keyboard seperti yang kita sama-sama lihat sekarang ini serta telah dikoneksikan kedalam apalikasi pengolah kata seperti MS Word.

Fungsi-Fungsi Dasar Pada Tombol Keyboard

  1. Tombol Karakter merupakan tombol yang ditandai dengan huruf, angka tertentu sehingga mempermudah kita dalam mengetikkan sesuatu.
  2. Tombol Shift digunakan untuk mengetikkan huruf besar atau huruf kapital bisa juga untuk menggunakan lambang-lambang khusus dibagian atas tombol keyboard. Cara menggunakannya yaitu dengan menekan tombol Shift bersamaan dengan karakter huruf yang ingin dibuat Kapital atau Tidak.
  3. Tombol Fungsi digunakan untuk menjalankan perintah tertentu dengan cepat. Tombol ini dilambangkan dengan huruf F diikuti dengan angka. Seperti, F1, F2, F3 dan sebagainya.
  4. Tombol Caps Lock digunakan untuk membuat huruf besar selama tombol ini diaktifkan.
  5. Tombol Backspace berfungsi untuk menghapus satu karakter ke sebelah kiri.
  6. Tombol Enter berfungsi untuk membuat baris baru atau membuat sebuah paragraf berikutnya.
  7. Tombol Panah berfungsi untuk memindahkan kursor kearah yang sesuai dengan tanda panah baik itu keatas, bawah, kiri dan kanan.
  8. Tombol Pengeditan tombol ini terdiri dari tombol Delete (untuk menghapus karakter ke arah kanan), Tab (memindahkan kursor sekian jarak), Esc (membatalkan perintah yang sudah dilakukan).
  9. Tombol Alt berfungsi untuk menjalankan perintah cepat yang dikombinasikan dengan tombol lainnya. sehingga tombol ini dapat menjalankan perintah yang ada pada quick access, toolbar dan tab ribbon.
  10. Tombol Ctrl tombol ini juga biasa dikombinasikan dengan tombol lainnya. Seperti Ctrl + N untuk membuat dokumen baru, Ctrl + S untuk menyimpan dokumen, Ctrl + O untuk membuka dokumen dan masih banyak lagi lainnya.

Mudah-mudahan apa yang telah kami sampaikan diatas bisa memberikan pengetahuan baru bagi kalian yang masih belajar Microsoft Word. Dan jika ada pertanyaan silahkan tuliskan saja pada kolom komentar yang telah kami sediakan dibawah.

Artikel Terkait:

Pengertian Microsoft Word

Bagian-Bagian Dan Tampilan Microsoft Word

Cara Membuka Microsoft Word

Cara Membuka File Dokumen MS Word

Cara Menyimpan File Dokumen Word

Cara Menutup Dan Keluar Dari Aplikasi Microsoft Word

Mengenal Tombol Keyboard Dan Fungsi Dasarnya Di Word

Cara Mengubah Huruf Menjadi Kecil/Besar Di MS Word

Cara Copy Paste Dan Cut Di Microsoft Word

Cara Mencari Kata Dengan Find

Cara Mengganti Kata Dengan Replace

Cara Membatalkan Perintah Dengan Undo & Redo

Terimakasih banyak karena telah berkunjung.

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Tombol Keyboard Dan Fungsi Dasarnya Di Word"

Posting Komentar