Cara Menghitung Data Sesuai Keriteria Tertentu dengan rumus Countif di Microsoft Excel

aqmarofficial.com - Untuk Mengitung Data Sesuai Keriteria  tertentu dengan rumus Countif, di Microsoft Excel tentu sangat  bisa mempermudah dan mempercepat pekerjaan kita tentunya, kita bisa menghitung didalam suatu data yang banyak dengan keriteria tertentu misalnya menhitung jumlah jenis kelamin, menghitung jumlah angka yang sama dan lain sebagainya.

Fungsi dan Penegertian Rumus Countif

Salah satu fungsi dari rumus countif pada aplikasi excel adalah untuk mengitung jumlah sel yang memnuhi keriteria,

Dikutip dari website katadata.co.id Countif adalah salah satu fungsi statistik  didalam excel untuk menghitung jumlah sel yang memenuhi jumlah keriteria sebagai dasar perhitungannya,  fungsi dari rumus ini berguna untuk mendapatkan banyak data dalam suatu cell range yang memnuhi sebuah keriteria tertentu. selain itu fungsi rumus countif lainnya yaitu untuk menghitung jumlah data yang sama, menghitung jumlah cell yang berisi, menghitung cell yang berisikan teks tertentu, dan mengetahui jumlah angka dengan keriteria tertentu.

Misalnya didalam sebuah data yang berisi data jumlah banyak dengan data yang beberapa data ada yang sama, dengan menggunakan rumus Countif ini kita bisa menghitung jumlah data yang sama dengan cepat, dengaN keriteria yang kita sebutkan dalam rumus countif, keriteria ini merupakan  keriteria atau kondisi dalam bentuk angka, ekspresi, referensi sel, atau teks dimana sebagai syarat data yang akan di hitung jumlahnya.

Cara Menggunakan Rumus Countif

Pada aplikasi pengolahan data Excel ada beberpa rumus yang harus kita pelajari atau kuasai untuk pengolahan data salah satunya yaitu rumu COUNTIF pada aplikasi excel, rumus ini sering digunakan oleh staf di kantor maupun di sekolah -  sekolah,  oleh karena itu kita sejak dini harus paham cara menggunakan rumus ini supaya kita bisa menyelesaikan pekerjaan kita dengan tepat waktu.

Adapun cara menggunakan rumus Countif ini adalah sebagai berikut.

1. Buka Apliaksi Microsoft Excel.

2. Buat data Siswa yang berisikan No, Nama Siswa, Jenis Kelamin dan Kelas, isikan sebanyak mungkin untuk datanya. untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini:


3. Pada kolom sebelah tabel masukkan rumus =COUNTIF(C6:C15;"P") untuk mencari jumlah data siswi yang perempuan.  dan jika teman-teman ingin mencari jumlah siswa berada di kelas mana masukkan rumus kemudian ganti dengan kelasnya.

Demikian tutorial kali ini semoga membantu dan bisa menyelesaikan tugas teman-teman, sempai jumpa diartikel selanjutnya, silahkan share artikel ini siapa tau ada teman kita di luarsana membutuhkan artikel yang sederhana ini.

Artikel Lainnya:
Download Aplikasi Administrasi Guru : Klik disini
Download RPP 1 Lembar : Klik disini
Download RPP Literasi : Klik disini
Download RPP Diferensiasi : Klik disini
Download RPP Merdeka : Klik disini
Perangkat Pemeblajaran Juga bisa cek di toko kami : Klik disini

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menghitung Data Sesuai Keriteria Tertentu dengan rumus Countif di Microsoft Excel"

Posting Komentar