Cara Menghitung Sisa Pembagian Excel

Selamat datang kembali para sahabat jayanti.me yang baik hati dan tidak sombong, Apakabar kalian hari ini? Semoga sehat terus ya. Karena pada kesempatan yang baik ini, kita akan melanjutkan materi excel yang dimana, kali ini pembahasannya tentang salah satu perhitungan matematis.

Ketika kita melakukan pembagian terhadap suatu bilangan angka terkadang tidak semua angka bisa habis dibagi dengan angka pembagi. Contohnya 8 dibagi dengan 3 maka akan menghasilkan 2 dan masih tersisa 2 untuk dibagi dengan 3. Jika dibuat bentuk pencahan maka hasilnya akan seperti ini 8/3 = 2 2/3.

Dan masih banyak contoh yang lain terkait bilangan angka yang tidak habis dibagi oleh pembaginya seperti ini:

  • 10/3 menyisakan angka 1.
  • 15/4 menyisakan angka 3.
  • 7/2 menyisakan angka 1.
  • 7/3 menyisakan angka 1.

Dan masih banyak lagi contoh yang lainnya. Nah, sekarang bagaimana cara menghitung sisa pembagian pada excel? hal ini sangat membantu ketika kita menghitung sisa pembagian dalam jumlah angka ratusan hingga ribuan.

Untuk itu, excel menyediakan sebuah fungsi yang diberi nama Fungsi MOD pada excel. Fungsi ini berguna untuk mendapatkan nilai sisa pembagian sebuah angka.

Bagaimana cara memulai menggunakan Fungsi MOD? Mari simak penjelasan berikut ini, yang telah kami rangkum dengan singkat dan padat sehingga mudah untuk dipahami, bahkan oleh pemula sekalipun.

Menghitung Sisa Pembagian Dengan Fungsi MOD

Untuk memulai menggunakan Fungsi MOD sebagai cara untuk menghitung sisa pembagian pada Microsoft Excel, tentu harus menggunakan sebuah rumus yang telah dibakukan seperti ini:

=MOD(NilaiAngka; NilaiPembagi)

Dengan rumus sederhana diatas, kita bisa melakukan perhitungan untuk mendapatkan sisa pembagian. Adapun penggunaan dari rumus diatas adalah sebagai berikut ini:

Contoh Penggunaan Rumus MOD Excel

Silahkan kalian perhatikan contoh penggunaan rumus MOD pada excel yang akan saya paparkan dibawah ini.

Pada gambar diatas, kita menggunakan rumus untuk menghitung sisa pembagian dari bilangan yang dimasukkan secara langsung ke dalam rumus.

Selain dengan cara diketik secara langsung, nilai angka yang akan dibagi ataupun nilai pembagi dapat berupa sebuah referensi sel. Contohnya seperti gambar dibawah ini.

Dari dua gambar diatas, kita bisa menyimpulkan bahwa. Kita dapat dengan mudah menghitung sisa pembagian pada excel secara tepat dan akurat.

Sampai disini dulu pertemuan kita pada kesempatan yang baik ini. semoga kalian bisa memahami apa yang telah saya paparkan diatas. Tetapi jika ada yang kurang jelas, atau ada hal yang ingin kalian sampaikan, maka silahkan kalian tinggalkan saja pada kolom komentar yang tlah disiapkan dibawah.

Semoga Bermanfaat, Sekian dan terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menghitung Sisa Pembagian Excel"

Posting Komentar