Rumus Persen (%) Excel

Selamat berjumpa kembali di blog kami yang sederhana ini, semoga hari ini kalian masih keadaan yang bugar guna menjalani aktivitas kalian seperti biasanya.

Pada hari ini juga, kita akan melanjutkan pembelajaran kita mengenai excel. dimana pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Rumus mengehitung persen di excel. ini sangat berguna ketika kalian diminta untuk membuat sebuah perhitungan angka menggunakan peresen.

Dengan perhitungan menggunakan persen ini biasanya kita bisa menghitung bunga bank, menghitung persen diskon, menghitung komis pegawai dan masih banyak lagi yang lainnya. untuk kalian wajib mengikuti artikel ini sampai selesai, agar kalian tahu bagaimana caranya berkerja menggunakan persen pada excel.

Percent adalah sebuah angka atau perbandingan rasio untuk menyatakan pecahan dari seratus. Persentase sering ditunjukkan dengan simbol “%”. Persentase juga digunakan meskipun bukan unsur ratusan yang kemidian diskalakan agar dapat dilakukan sebuah perbandingan dengan seratus.

Menampilkan Format Persen (%) Excel

Yang perlu dilakukan pertama kali adalah menampilkan format pesen yang telah disiapkan oleh Microsoft Excel. Jadi simak cara menampilkan format persentase pada excel berikut ini.

Terdapat 3 cara yang dapat ditempuh untuk menampilkan lambang bilangan persen pada excel, yaitu:

1.       Mengetikkan langsung lambang persen setelah mengetikkan sebuah angka

2.       Memilih style format pesen pada tab Home – Number – Percent(%).

3.       Memilih format persen pada kotak dialog Format Cells.

yang perlu diperhatikan bahwa. Jika angka yang ditulis setelah sel di format kedalam persen maka angka itu akan langsung menjadi bilangan persen secara otomatis. Namun, jika angka yang dimasukkan ke dalam sel terlebih dahulu tanpa lambang %, lalu sel tersebut di format ke dalam style persen maka excel akan otomatis mengalikan angka tersebut dengan bilangan 100 terlebih dahulu.

Untuk mulai menghitung persen, tentunya kita harus menyiapakn 2 buah variabel yaitu:

  1. Nilai yang akan di hitung persennya
  2. Nilai pembanding dari nilai yang akan dihitung persentasenya.

Kira-kira jika dibuatkan gambar seperti ini:

Contoh Perhitungan Persentase Pada Excel

Sementara untuk contoh penggunaan persen di excel adalah sebagai berikut:

Contoh 1:

Untuk gambar pertama ini, kita akan menghitung berapa jumlah perbandingan antara laki-laki dan perempuan pada suatu daerah tertentu atau dalam satu sekolah.

Contoh 2:

Sementara untuk contoh yang kedua ini, kita akan menghitung berapa persen kenaikan penduduk pada desa tertentu.

Adapun rumus yang saya gunakan, bisa kalian lihat pada setiap gambar.

Nah, sampai disini saya yakin kalian sudah pasti memahami tentang cara menggunakan rumus menghitung persen pada excel bukan? Silahkan kalian kreasikan sendiri dengan contoh kasus yang berbeda-beda. supaya kalian lebih mahir dalam menggunakan rumus tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rumus Persen (%) Excel"

Posting Komentar