Rumus Sumif Pada Excel

Jayanti.me-.Apakabar sahabat ku yang baik hati?, Syukur alhamdulillah pada hari ini, kita bisa melanjutkan proses belajar kita tentang rumus-rumus yang ada pada Microsoft Excel. Setelah sebelumnya kita belajar tentang Fungsi SUM Excel maka hari ini kita akan belajar tentang lanjutan dari fungsi tersebut.

Adapun fungsi lanjutan yang saya maksudkan adalah Fungsi SUMIF Excel. Dimana pada blog ini kita akan mengulas fungsi tersebut mulai dari pengertiannya hingga ke contoh-contoh penggunaan fungsi tersebut.

Tanpa berlama-lama, mari kita lanjutkan saja ke pembahasan mengenai fungsi sumif ini..

FUNGSI SUMIF EXCEL

Fungsi SUMIF yaitu fungsi yang berguna dalam melakukan penjumlahan dengan satu kriteria. Fungsi ini sangat cocok digunakan untuk melakukan suatu penjumlahan dengan kriteria yang kita masukkan ke dalam rumus Sumif.

Jika kalian ingin menjumlahkan data tertentu pada range data/cell tertentu dengan menggunakan banyak kriteria sekaligus maka kalian dapat memanfaatkan fungsi lanjutannya lagi yaitu Fungsi SUMIFS Excel.

Namun, untuk fungsi sumifs excel ini akan kita bahas pada halaman berikutnya. Dan bagi kalian yang penasaran tentang Fungsi Sumifs ini silahkan kalian klik saja linknya pada bagian bawah artikel ini.

Baca Juga : Panduan Menerapkan Format Angka Pada Pivot Table

Fokus ke pembahasan kita hari ini, sekarang kita belajar bagaimana menggunakan fungsi sumif excel sehingga dapat berjalan dengan baik saat kita pergunakan pada data yang kalian punya.

Cara Menggunakan Fungsi SUMIF Excel

Rumus Fungsi ini adalah sebagai berikut ini:

SUMIF(Range; Kriteria; [Sum_range])

ket:

Range merupakan kumpulan data yang dimana dari sini lah kriteria akan diterapkan.

Kriteria merupakan syarat yang akan diterapkan pada argument range. Yang perlu diperhatikan Ketika menggunakan kriteria adalah kalian harus mengapit argument kriteria dengan tanda petik dua (“..”), karena jika tidak maka rumus sumif tidak akan berjalan sesuai dengan harapan kalian.

Sum_range merupakan range data yang akan dijumlahkan Ketika syarat/kriteria terpenuhi.

Seperti yang kalian lihat argument rumus SUMIF hanya memiliki 3 argument saja, sehingga seharusnya kalian tidak akan kesulitan baik dalam memahami ataupun menerapkannya pada excel.

Baca Juga : Cara Entry Data Menggunakan Flash Fill Excel

Contoh Rumus Sumif Excel

Perhatikan gambar dibawah ini.

Terlihat pada gambar bahwa, rumus yang digunakan untuk menjumlahkan data yang memiliki nilai angka diatas 10 dan diabawah 10.

Jika ingin menghitung jumlah data yang memiliki nilai diatas angka 10 maka gunakan rumus seperti =SUMIF(A2:A9;">10";A2:A9).

Jika ingin menghitung jumlah data yang memiliki nilai dibawah angka 10 maka gunakan rumus seperti =SUMIF(A2:A9;"<10";A2:A9).

Silahkan kalian coba hitung sendiri apakah nilai yang dihasilkan oleh masing-masing rumus tersebut sesuai dengan hitungan yang seharusnya atau tidak.

Oh iya, bentuk data yang dapat dihitung dengan menggunakan rumus sumif ini tidak melulu harus seperti gambar diatas. Kalian sesuaikan saja dengan data yang kalian miliki saat ini atau data yang ingin kalian hitung menggunakan fungsi sumif.

Cukup sekian, terimakasih banyak karena telah bersedia berkunjung ke blog kami yang sederhana ini. semoga kalian tetap selalu sehat dan terus belajar bukan hanya excel tapi juga ilmu-ilmu lainnya.

Artikel Lainnya.

Cara Mengelompokkan Data Pada Pivot Table Excel

Cara Input Data Menggunakan Data Form Excel

Rumus Lower, Upper, Proper Pada Excel

Rumus Left, Right, Mid Pada Excel 

Rumus IFERROR Pada Excel

Rumus And Pada Microsoft Excel

Rumus Or Pada Excel

Rumus Not Pada Excel

Rumus Find Pada Excel

Rumus Search Pada Excel

Rumus Fungsi LEN Pada Excel

Rumus TRIM Pada Excel

Rumus Substitute Pada Excel

Rumus Replace Pada Excel

Rumus Text Pada Excel

Rumus Exact Pada Excel

Rumus Index Pada Excel

Rumus Match Pada Excel

Rumus Offset Pada Excel

Rumus Address Pada Excel

Rumus Indirect Pada Excel

Rumus Subtotal Pada Excel

Rumus Sum Pada Excel

Rumus Sumif Pada Excel

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rumus Sumif Pada Excel"

Posting Komentar