Rumus Countblank Pada Excel

Hallo semuanya, apa kabar kalian hari ini? semoga baik-baik semua seperti sedia kalanya. Karena pada kesempatan yang mulia ini, kita akan melanjutkan proses belajar kita tentang ilmu excel yang tidak akan kalah menarik dan berguna dibandingkan dengan fungsi excel lain.

Adapun yang akan saya bahas pada artikel ini yaitu Fungsi Countblank Pada Excel. ini merupakan lanjutan dari fugnsi count excel yang telah kita pelajari sebelumnya.

Mungkin dari Namanya saja kita sudah bisa menebak bahwa, fungsi ini digunakan untuk menghitung cell yang blank atau kosong, dan memang itulah fungsi dari rumus yang satu ini.

Supaya lebih jelas, mari kita langsung saja bahas fungsi countblank excel ini.

Fungsi Countblank Pada Microsoft Excel

Fungsi ini digunakan untuk menghitung jumlah cell yang tidak memiliki atau tidak diinputkan sebuah data didalamnya alias kosong.

Fungsi countblank ini sangat bertolak belakang dengan fungsi counta excel yang telah kita bahas juga sebelumnya. Jika fungsi counta menghitung cell yang terisi data sementara fungsi countblank ini menghitung cell yang tidak terisi data.

Menggunakan Fungsi Countblank Microsoft Excel

Perhatikan rumus Countblank excel berikut ini.

=COUNTBLANK(range)

Argument range dalam rumus diatas, berisi kumpulan referensi alamat cell yang ingin kita cek dan hitung jumlah cell kosongnya.

Jadi fungsi yang satu ini memang cukup simple untuk digunakan, sehingga kita tidak perlu pusing-pusing Ketika menggunakan fungsi ini.

Jika kalian tidak percaya, silahkan kalian simak contoh penggunaan fungsi countblank berikut ini.

Conton Dalam Menggunakan Fungsi Countblank Excel

Perhatikan contoh gambar dibawah ini.

Contoh gambar diatas saya ambil dari contoh penggunaan fungsi counta excel sebelumnya walau saya edit sedikit, tujuannya tidak lain dan tidak bukan dan tidak pula membingungkan yaitu untuk supaya kalian dapat memahami fungsi ini dengan baik.

Pada contoh diatas, terdapat dua buah contoh fungsi excel yaitu fungsi counta dan fungsi countblank. Dan dapat kalian lihat secara seksama dan terbuka serta terang benderang bahwa kedua fungsi tersebut memang menghasilkan nilai yang bertolak belakang. Akan tetapi, kedua fungsi ini dapat saling melengkapi antara satu dengan yang lainnya.

Menggunakan fungsi countblank excel tidaklah sulit bukan? Jadi saya rasa cukup sampai disini saja penjelasan mengenai fungsi countblank. Pada materi yang akan datang, mungkin kita akan belajar tentang variasi fungsi count excel lagi, jadi tetaplah setia dan menjadi bagian dari blog Jayanti.me ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rumus Countblank Pada Excel"

Posting Komentar