Cara Mengatur Indentasi

Selamat datang dan apakabar sahabatku? Semoga masih dalam keadaan yang baik-baik saja. Karena kita tidak henti-hentinya akan memberikan sebuah materi pembelajaran tentang ilmu Microsoft Word dan beberapa minggu kedepan.

Jadi kalian harus tetap semangat supaya bisa mengikuti setiap artikel yang akan kami upload disini, dengan harapan supaya kalian mampu menyongsong masa depan yang lebih baik.

Adapun pembahasan yang ingin kami bahas pada pertemuan kali ini yaitu tetang bagaimana cara kita untuk mengatur Indentasi teks di ms word. Hal ini juga dapat kita manfaatkan untuk mempercantik tampilan dari dokumen yang kita buat pada ms word.

Sebelumnya materi ini, kita juga telah belajar banyak hal pada ms word untuk mempercantik tampilan dokumen yang kita buat. Seperti, mengatur spasi, mengatur perataan, menggunakan underline, bold, italic dan masih banyak lagi.

Nah, bagi kalian yang belum membaca artikel kami sebelumnya maka silahkan kalian baca dulu sebelum kalian melanjutkan ke sini atau bisa juga kalian baca nanti setelah kalian membaca artikel ini. linknya telah kami siapkan dibawah artikel, jadi kalian tinggal klik saja nantinya.

Mengatur Indetasi Di MS Word Dengan Ruler.

Sebelum memulai mengatur indetasi teks di ms word, alangkah lebih baik jika kita mengetahui terlebih dahulu apa itu Indentasi. Indentasi adalah penulisan teks yang menjorok ke dalam atau ke kanan pada sebuah paragraf.

Sekarang kita langsung ke tata cara mengatur indentasi di ms word:

  1. Sorot atau blok paragraf atau teks yang ingin kalian atur indentasinya.
  2. Pada Ruler atas geser tombol pengaturan yang berbentuk segitiga disebelah kiri atas ke arah kanan.
  3. Jika kalian ingin mengatur semua baris pada paragraf supaya menjorok kedalam maka kalian geser segitiga dibagian bawah ke arah kanan.
  4. Kemudian lihatlah hasilnya.

Jika kalian ingin mengambalikan indetasi yang kalian buat tadi, maka kalian cukup mengulangi cara diatas namun dengan menggeser tombol segitiga ke arah kiri.

Mengatur Indentasi Di MS Word Dengan Menggunakan Dialog Box paragraph

Cara ini adalah cara yang jarang sekali digunakan, dibandingkan dengan cara pertama. Karena cara yang satu ini bisa dibilang cukup rumit.

Berikut ini adalah tata cara menggunakannya:

  1. Sorot atau Blok teks atau paragraf yang ingin diberikan indentasi.
  2. Klik kotak kecil yang ada tanda panahnya pada group toolbar paragraph untuk menampilkan Dialog Box Paragraph.
  3. Isilah jarak indentasi yang kalian inginkan pada kolom Before Text atau After Text pada bagian Indentation. Jika kalian ingin mengembalikan indentasi seperti semula maka isikan angka 0.
  4. Di kolom Special ubahlah beberapa pengaturan sesuai kebutuhan kalian. Terdapat 3 pilihan yaitu None, First Line, dan Hanging. Setelah memilih salah satu maka isikan jarak cm pada bagian by.
  5. Klik Oke jika sudah selesai.

Sekarang silahkan kalian Latihan sendiri, supaya kalian lebih mengerti apa yang telah kami sampaikan diatas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatur Indentasi"

Posting Komentar