Rumus Countifs Pada Excel

Apakabar semuanya?, balik lagi Bersama kami di blog yang sederhana ini. semoga apa yang kalian cari saat ini, dapat kalian temukan pada blog kami ini. karena disini kami akan terus mengupdate pengetahuan yang kami miliki.

Adapun hari ini saya akan berbagi tentang fungsi Countifs Pada excel. jika kalian mengikuti pembahasan yang telah saya tulis sebelumnya yaitu tentang Fungsi Countif Excel, dimana kita telah belajar bagaimana menghitung jumlah cell yang berisi data dengan satu kriteria tertentu.

Nah, sekarang bagaimana cara kita menghitung jumlah cell tertentu dengan beberapa kriteria atau syarat dalam menghitung jumlah cell tersebut?. Itulah kenapa kita belajar fungsi countifs excel ini, karena dengan menggunakan fungsi countifs, kita bisa menjumlahkan cell tertentu dengan banyak kriteria sekaligus.

Fungsi Countifs Dalam Excel

Fungsi ini merupakan fungsi yang dapat berguna dalam menghitung jumlah cell dalam rentang data dengan lebih banyak kriteria atau syarat tertentu.

Berbeda dengan berbagai fungsi count yang telah kita bahas sebelum-sebelumnya, fungsi yang satu ini dapat menampung lebih banyak kriteria yang bisa memfilter data tertentu yang ingin kita hitung jumlahnya.

Cara Menggunakan Fungsi Countifs Excel

Perhatikan rumus berikut ini.

COUNTIFS(kriteria_range1; kriteria1; kriteria_range2; kriteria2;…)

Argument kriteria_range1 merupakan argument yang berisi kumpulan data pertama yang berisi kriteria1 yang akan digunakan sebagai acuan.

Argument kriteria1 merupakan argument yang berisi kriteria yang digunakan sebagai acuan perhitungan.

Argument kriteria_range2 merupakan argument yang berisi kumpulan data kedua yang berisi kriteria2 yang akan digunakan sebagai acuan.

Argument kriteria2 merupakan argument yang berisi kriteria yang digunakan sebagai acuan perhitungan.

Kalian dapat menambahkan lebih banyak lagi kriteria_range dan kriteria tergantung kebutuhan kalian dalam menghitung jumlah cell tertentu.

Contoh Penggunaan Fungsi Countifs Excel

Sekarang kita masuk ke contoh penggunaan fungsi countifs pada excel yang mudah-mudahan bisa memberikan sebuah pandangan tetang bagaimana menggunakan fungsi countifs excel dengan baik dan benar.

Perhatikan contoh gambar dibawah ini.

Contoh Penggunaan Fungsi Countifs Excel

Contoh gambar diatas, saya ambil dari contoh fungsi countif excel yang telah kita bahas sebelumnya. Dengan begitu saya berharap kalian dapat mengerti bagaimana cara membedakan antara fungsi countif dengan fungsi countifs excel.

Jika kalian perhatikan dengan baik, contoh fungsi countifs excel diatas menggunakan dua kriteria sekaligus yaitu berdasarkan kelas dan berdasarkan nilai yang diperoleh. Sehingga dapat kalian lihat hasilnya pun berbeda-beda.

Semoga penjelasan singkat dari saya tentang fungsi countifs excel diatas, dapat memberikan manfaat yang berarti bagi kehidupan kalian terutama bagi kalian yang memang sedang membutuhkan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rumus Countifs Pada Excel"

Posting Komentar