Downoad CP dan ATP IPA Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum Merdeka Semester 1 & 2 Tahun 2024

CP dan ATP IPA Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum Merdeka

Selamat datang di artikel kami yang penuh semangat ini! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang CP dan ATP IPA kelas 7 SMP dalam Kurikulum Merdeka. Bagi kalian yang saat ini sedang menempuh pendidikan di jenjang tersebut, pastinya penasaran dengan apa yang akan kita bahas di artikel ini. Jadi, mari kita mulai perjalanan kita dalam mempelajari CP dan ATP IPA kelas 7 yang menarik ini.

Contoh CP dan ATP IPA Kelas 7 Kurikkulum Merdeka Semester 1 dan 2

CP, TP dan ATP Kurikulum Merdeka SD/MI Mengacu pada struktur Modul Ajar Merdeka yang tertuang dalam Salinan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.

Bersarkan keputusan Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi nomor 008/h/kr/2022 Tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka.

Capaian Pembelajaran (CP) merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki peserta didik pada jenjang SD di mata pelajaran fase D.

Dalam kegiatan pembelajaran pasti ada capaian yang harus dicapai oleh siswa. Capaian dalam kurikulum sebelumnya dinamakan kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD). Namun, dalam Kurikulum Merdeka dinamakan capaian pembelajaran. Capaian pembelajaran berisikan kompetensi serta lingkup materi yang disusun secara komprehensif berbentuk narasi.

Dalam CP mencakup yang mencerminkan : Kompetensi atau karakter siswa yang harus dimiliki atau dicapai setelah menyelesaikan pembelajaran berdasarkan kurun waktu tertentu.

Tujuan Pembelajaran (TP) adalah kemempuan untuk mencapai Inti yang harus diperoleh perserta didik melalui pembelajaran di sekolah/madrasah.

Alur Tujuan Pembelajaran Berdasarkan Fase

Merumuskan Tujuan Pembelajaran (TP) dan menyusunnya dalam alur pembelajaran untuk mencapai kompetensi pada fase tersebut.
Menganalisis elemen Capaian Pembelajaran (CP) untuk mengidentifikasi kompetensi pada akhir fase pada elemen tersebut.
Tim pendidik berkolaborasi menganalisis naskah Capaian Pembelajaran (CP) mata pelajaran yang menjadi fokus.

Baca Juga : CP dan ATP IPS Kelas 7 SMP/MTS Kurikulum Merdeka

Langkah-langkah Pemetaan CP dan TP SD Kurikulum Merdeka
Adapun langkah pemetaan CP dan TP Tujuan Pembelajaran yang ideal terdiri dari dari 2 komponen berikut:
1.Kompetensi yaitu kemampuan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dapat didemonstrasikan oleh peserta didik yang menunjukkan peserta didik telah berhasil mencapai tujuan pembelajaran.
2.Konten yaitu ilmu pengetahuan inti atau konsep utama yang perlu dipahami di akhir satu unit pembelajaran.

Fungsi Capaian pembelajaran (CP)
Kompetensi Inti Berfungi sebagai undur pengorganisasi Tujuan pembelajaran (TP) kompetensi sebagai unsur pengikat untuk organisasi vertikal dan horizontal TP.

Organisasi vertikal Kompetensi dasar merupakan keterkaitan antara isi dari Kompetensi Inti satu sama lainnya pada jenjang Sekolah dasar, menengah sehingga memenuhi prinsip belajar yang membentuk akumulasi yang berkesinambungan pada pelajaran yang dipelajari peserta didik.

Sedangkan Organisasi horizontal adalah keterkaitan antara isi Kompetensi Dasar satu mata pelajaran dengan isi Kompetensi Dasar dari mata pelejaran yang berbeda dalam satu pertemuan mingguan dan kelas yang sama sehingga terjadi proses saling memperkuat setiap CP TP dan ATP.

Cara Download CP Dan ATP IPA Kelas 7

Download CP dan ATP IPA link di bawah ini sebagai seferensi bapak dan ibu guru untuk menyelesaikan tugasnya di sekolah, berikut link nya silahkan kelik download di bawah ini:
 
CP dan ATP IPA Kelas 7 SMP/MTs Kurikulumm Merdeka - Downoad

Silahkan untuk mengunduh CP dan ATP Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa untuk berbagi dengan teman-temanmu.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Downoad CP dan ATP IPA Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum Merdeka Semester 1 & 2 Tahun 2024"