Cara Membuat Header Dan Footer Di Excel

Selamat datang kami ucapkan kepada kalian yang telah berkunjung ke blog kami yang sederhana ini, semoga apa yang akan kami sampaikan baik pada artikel ini dan artikel yang lainnya, dapat bermanfaat bagi kita semuanya.

Pada kesempatan yang baik ini, kita akan membahas tentang salah satu materi dasar pada excel yaitu tentang Cara Membuat Header Dan Footer Di Excel. Ini akan sangat membantu kalian nantinya ketika kalian ingin membuat keterangan pada data yang kalian buat.

Sebelum melanjutkan ke cara membuat header dan footer, kita mesti ketahui dulu apa itu header? dan apa itu footer?. Header adalah teks yang tercetak disetiap halaman dan berada di bagian atas halaman. Sedangkan Footer adalah teks yang tercetak disetiap halaman dan berada di bagian bawah halaman. Nantinya kalian juga bisa mengatur keterangan pada header dan footer tersebut berada di sebelah kanan, tengah atau kiri bagian atas tau bagian bawah.

Membuat Header Pada Excel

Untuk membuat header pada excel sangatlah mudah. Supaya lebih jelas silahkan kalian ikuti langkah-langkah berikut ini :

No 1. Pada halaman yang akan kalian buat headernya, silahkan kalian pilih Tab Menu Insert kemudian pilih Header & Footer.

No 2. Selanjutnya kalian tambahkan teks, gambar, atau informasi file yang kalian kehendaki pada salah satu bagian kotak header tersebut. Baik di sebelah kiri, tengah atau kanan.

No 3. Setelah menambahkan keterangan silahkan kalian tekan ESC.

Baca Juga : Cara Menampilkan Hasil Filter Di Sheet Lain Dengan Advanced Filter

Dengan melakukan cara diatas, maka kalian telah berhasil membuat header pada excel. Keterangan yang telah kalian buat, akan muncul pada halaman yang lainnya.

Membuat Footer Pada Excel

Cara untuk membuat Footer pada excel hampir sama dengan membuat header namun tentunya ada perbedaan. Berikut ulasannya :

No 1. Pilih halaman yang akan kalian buat Footernya, pilih Tab Menu Insert kemudian pilih Header & Footer.

No 2. Selanjutnya pilih Go To Footer, ini untuk beralih ke bagian bawah halaman.

No 3. Pada salah satu bagian kotak isian footer yang ada, silahkan kalian masukkan teks yang kalian kehendaki.

No 4. Setelah di rasa cukup, maka kalian tekan tombol ESC pada keyboard kalian. Selesai ..

Baca juga : Cara Mudah Menghapus Kolom Dan Baris Kosong Di Excel

Jika kalian mengikuti langkah-langkah diatas, dari mulai membuat header sampai membuat footer maka seharusnya hasilnya akan kurang lebih seperti gambar dibawah ini.

Jika kalian ingin mengubah atau bahkan mendelete header dan footer yang telah kita buat diatas, maka kalian cukup mengulangi langkah-langkah sebelumnya kemudian kalian klik bagian mana yang akan kalian ubah atau tekan delete/backspace pada keyboard jika kalian ingin menghapusnya.

Sampai disini kalian seharusnya sudah bisa membuat header dan footer pada excel. Jika kalian merasa masih kebingungan dengan materi yang saya sampaikan diatas, silahkan kalian tinggalkan komentar pada kolom komentar dibawah.

Dan bagi kalian yang masih ingin mengupdate ilmu excel kalian, maka saya telah menyiapkan link yang bisa menjadi rekomendasi untuk belajar lebih banyak lagi tentang excel.

Sampai jumpa pada artikel selanjutnya, sehat selalu dan terimakasih banyak..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Header Dan Footer Di Excel"

Posting Komentar