Mengenal Status Bar Di Excel

Hallo sahabat , apa kabar kalian hari ini? Semoga kalian sehat serta tidak kurang satu apapun. Sekali lagi saya ucapkan banyak-banyak terimakasih kepada kalian yang telah setia pada blog ke sayangan kita ini serta kami meminta do’a dari sahabat semuanya agar blog kami ini dapat maju dan berkembang sehingga dapat menjadi salah satu sumber ilmu yang bermanfaat. Aamiin…

Pada artikel kali ini, kita akan sama-sama belajar lagi tentang salah satu pengetahuan dasar pada Microsoft Excel yaitu tentang Mengenal Status Bar Di Excel. Bagi kalian yang masih pemula di excel pasti bertanya-tanya, apa sih Status Bar?. Nah sekarang kita akan membahasnya secara singkat dan jelas.

Status Bar Pada Excel

Status Bar Excel adalah sederet informasi yang melintang secara horizontal pada bagian bawah WorkSheet atau lembar kerja excel. Fungsi dari Status Bar adalah untuk meberikan informasi terkait WorkSheet yang sedang kita gunakan. Adapun bagian-bagian pada status bar adalah Mode, Tombol Macro Recorder, Tombol Setting View, Zoom-In Atau Zoom-Out.

Mode (Ready, Edit, Dan Enter)

Mode Ready

Ini merupakan mode default dari excel. Ketika kalian membuka File Excel Baru pada sudut kiri bawah terlihat tulisan READY. Artinya Excel siap digunakan.

Baca Juga : Cara Mengurutkan Rangking Secara Otomatis

Mode Edit

Ketika kalian mengklik Formula Bar atau Double Klik pada sel, maka tulisannya akan berubah menjadi EDIT. Artinya kita sedang melakukan perubahan pada sel tersebut.

Mode Enter

Setelah kalian mengetikkan sesuatu pada sel tertentu, maka tulisannya akan berubah menjadi ENTER. Artinya, untuk menyelesaikan tulisan kalian maka kalian cukup menekan tombol enter pada keyboard.

Tombol Macro

Persis disebalah Mode terdapat tombol Macro yang berfungsi untuk malakukan perintah-perintah tertentu pada excel. Pembahasan tentang macro adalah pembahasan tingkat lanjut, sehingga perlu pembahasan secara khusus.

Baca juga : Cara Menghilangkan Angka Di Belakang Koma

Tombol Setting View

Tanda Panah 1. Normal View, tampilan default WorkSheet.

Tanda Panah 2. Page Layout View, menampilkan WorkSheet  perhalaman sehingga nantinya hampir mirip dengan halaman pada Microsoft Word.

Tanda Panah 3. Page Break Preview, akan menampilkan batas halaman pada WorkSheet serta terdapat nomor page disetiap halaman.

Zoom-in atau Zoom-out


Pada bagian ini, kalian bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk memperbesar atau memperkecil tampilan worksheet pada excel.

Informasi Statistik Sel atau Range

Seandainya kalian menyeleksi sebuah sel atau range, maka pada status bar akan muncul sebuah informasi tambahan terkait tentang sel yang kalian seleksi. Contohnya seperti gambar dibawah ini.

Baca Juga : Mengenal 12 Fungsi IS di excel

Kita juga bisa mengatur informasi apa saja yang akan dimunculkan pada status bar dengan cara klik kanan pada status bar dan akan muncul pilihan seperti gambar dibawah ini.

Silahkan kalian pilih sendiri informasi yang akan kalian aktifkan.

Baiklah saya rasa cukup sekian untuk pembahasan kita terkait dengan status bar, kalian juga bisa mengunjungi link yang saya siapkan dibawah ini untuk mendapatkan ilmu tentang excel.

Semoga apa yang kita pelajari hari ini dapat berguna dikemudian hari. Dan sampai jumpa pada kesempatan berikutnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Mengenal Status Bar Di Excel"

Posting Komentar