Cara Mengurutkan Rangking Secara Otomatis

 aqmarofficial.com- Setelah sebelumnya kita belajar tentang Cara Mengacak Urutan Angka Pada Excel, maka hari ini kita akan belajar tentang Cara Mengurutkan Rangking Secara Otomatis Pada Excel yang dimana materi ini tidak kalah pentingnya dengan materi yang telah kita bahas pada blog ini.

Bagaimana cara memulainya? Yuuk simak penjelasan admin berikut ini.

Tapi sebelum lanjut, admin ucapkan banyak-banyak terimakasih kepada kalian yang telah bersedia berkunjung di blog kami yang sederhana ini. admin yakin kalian yang hadir adalah orang-orang yang giat mencari ilmu yang bermanfaat.

Cara Membuat Rangking Secara Otomatis Di Excel

Bayangkan jika kita diminta untuk mencari siapa yang menjadi rangking 1,2,3 dan sebagainya dari semua siswa yang jumlahnya sampai ribuan.

Cara simplenya, kalian dapat memberikan warna yang berbeda setiap baris berdasarkan jumlah nilai yang ada pada kolom tersebut, caranya kalian pilih Conditional Formating - Color Scales, jangan lupa untuk memblock kolom Total Nilai sebelum melakukannya.

Namun cara yang lebih baik tentunya dengan memanfaatkan salah satu fungsi yang ada pada Microsoft excel yaitu Fungsi RANK. Terus bagaimana cara mengaplikasikannya pada tabel nilai yang kita buat? Berikut penjelasannya.

Pertama.- Kalian buat tabel nilai seperti gambar dibawah ini.

Kedua.- Pada sel K2 masukkan rumus seperti ini ‘’=RANK(J2,J$2:J9)”, kemudian kalian tarik kebawah sampai sel K9. Maka kurang lebih hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.

Baca Juga : Cara membuat Aplikasi Penggajian Guru dan Kariyawan Sekolah Menggunakan Excel

Cara Membuat Rangking Secara Otomatis Di Excel ini lebih simple bukan?. Sekarang dari tabel diatas kita dapat melihat dengan jelas siapa yang menduduki Ranking 1, 2, 3 dan seterusnya.

Untuk penjelasan dari rumus yang admin gunakan diatas adalah sebagai berikut:

=RANK(J2,J$2:J9)

Seperti yang kalian lihat, admin menggunakan fungsi RANK pada excel, dengan nilai J2 sebagai number dan range datanya menggunakan kolom J2 sampai J9. Tanda dolar “$” sebelum angka 2,  ini digunakan supaya tidak angka 2 tidak bergeser menjadi 3 dan seterusnya ketika di geret kebawah, karena J$2 ini menunjukkan batas awal ref.

Selain cara diatas, kita juga bisa memanfaatkan Fungsi RANK.EQ dan Fungsi RANK.AVG. cara menggunakannya pun sama, yang membedakan adalah sebagai berikut :

Fungsi RANK.EQ merupakan Fungsi yang akan menggantikan Fungsi RANK yang kita akan gunakan diatas. Karena pada Microsoft Excel Ke atas, direkomendasikan menggunakan Fungsi RANK.EQ tidak lagi menggunakan Fungsi RANK biasa.

=RANK.EQ(C2,$C$2:$C$11,0)

Fungsi RANK.AVG merupakan cara menentukan rangkin pada sekelompok daftar nilai dengan menambahkan rata-rata jumlah pemilik nilai tersebut. Adapun rumusnya seperti dibawah ini.

=RANK.AVG(Angka;Referensi;[order])

Silahkan kalian coba ganti sendiri contoh diatas menggunakan dua fungsi ini ya.

Baiklah, admin rasa sudah cukup untuk materi kita pada pertemuan kali ini. semoga apa yang kita pelajari pada kesempatan yang baik ini dapat berguna bagi kita yang mempelari dan orang-orang terdekat kita.

Artikel Terkait :

Pengenalan rumus dan fungsi excel

Cara menemukan data ganda dan data unix di excel

Cara menghapus data ganda di excel

Cara Menghilangkan Data Yang Sama Dan Mengambil Data Unix

Mencari Data Yang Sama Dalam 2 Kolom Excel

Cara Menghitung Jumlah Data Unik Di Excel

Cara Meproteksi File Excel

Mengunci Sebagian Cell Di Excel

Cara Membuat Tabel, Mengubah, Dan Menghapus Tabel Di Excel

Cara Membuat Dropdown List Dengan Data Validation Excel

Cara Membuat Dropdown List Dinamis Di Excel

Cara Membuat Dropdown List Bertingkat Pada Excel

Cara Mengurutkan Data Di Excel

4 cara membuat nomor urut otomatis pada microsoft excel

Rumus Membuat Nomor Urut Otomatis di excel

Cara Mengacak Urutan Angka Di Excel

Cara Mengurutkan Rangking Secara Otomatis

Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengurutkan Rangking Secara Otomatis"

Posting Komentar