Cara Meproteksi File Excel

aqmarofficial.com- Selamat datang kembali para pengunjung blog jayanti.me yang admin muliakan. Semoga kalian dalam keadaan yang baik, serta tidak kurang satu apapun.

Pada artikel ini, admin ingin menjelaskan tentang sesuatu yang cukup penting menurut admin yaitu Cara memproteksi File Excel yang telah kita buat sehingga aman dari orang yang tidak bertanggung jawab.

Memproteksi File dapat memberikan keamanan bagi informasi yang kita ketikkan pada sebuah lembar kerja di excel. Sehingga tidak semua orang dapat mengakses data yang kita punya, hanya orang-orang tertentu saja yang dapat mengakses data tersebut.

Bagaimana cara memproteksi data tersebut? Berikut simak penjelasan admin berikut ini.

Sebenarnya caranya cukuplah mudah sehingga siapapun bisa melakukannya. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

Memproteksi Workbook

Pertama – Persiapkan dulu file yang akan kalian berikan proteksi. Klik pata tab Review  kemudian klik tombol Protect Workbook.

Kedua – Setelah tombol protect Workbook di klik, maka akan muncul jendela baru seperti gambar dibawah ini.

Pastikan kalian mencentang / memilih Windows, kemudian ketikkan karakter password yang kalian inginkan terus klik OK. Dan akan muncul jendela baru untuk mengkonfirmasi password yang barusan kalian ketik, Masukkan password yang sama dengan sebelumnya kemudian klik OK.


Setelah proses diatas kalian lakukan maka kalian telah berhasil memproteksi Lembar kerja kalian (Workbook). Namun, kita masih bisa melakukan edit data, hapus kolom, hapus baris. Kita hanya tidak bisa menambah ataupun menghapus sebuah sheet pada workbook.

Baca Juga : Cara Buat Aplikasi Penggajian Guru Dan Pegawai Disekolah Menggunakan Excel

Memproteksi Worksheet.

Seperti yang admin jelaskan secara singkat diatas, bahwa memproteksi workbook dengan cara diatas kita hanya tidak bisa menambah atau pun menghapus worksheet yang telah ada. Terus bagaimana cara memproteksi data pada sebuah Cell atau Colomns?. Berikut perjelasan admin.

Pertama- kalian buka sheet yang akan kalian proteksi, kemudian pada tap menu Review kalian pilih Tombol Protect Sheet, posisinya persis disamping Protect Workbook.

Kedua - Setelah diklik akan muncul jendela baru seperti berikut ini.

Dan jendela konfirmasi password yang anda masukkan diatas

Setelah proses diatas kalian lakukan, maka kalian tidak dapat mendelete, menyisipkan, ataupun mengubah kolom berserta baris yang telah ada bahkan datanya pun kalian tidak dapat untuk mengubahnya.

Adapun Cara yang berbeda dalam memberikan proteksi terhadap file excel adalah sebagai berikut.

Kalian pilih tab file, klik info kemudian pilih  Encrypt With Password.

Akan muncul jendela baru seperti pada gambar dibawah ini, kemudian isikan password yang kalian inginkan, kemudian klik OK

Setelah itu pasti akan muncul jendela konfirmasi password, masukkan password yang sama dengan yang kalian masukkan barusan dan klik OK.

Setelah melakukan proses diatas, maka kalian di nyatakan berhasil membuat proteksi terhadap file Excel Kalian.

Untuk mengujinya, kalian tutup dan buka kembali file excel yang kalian berikan proteksi tadi. Maka pastinya kalian akan diminta untuk memasukkan password yang telah kalian buat sebelum masuk ke file kalian.

Jika kalian ingin menghapus password yang kalian buat, maka kalian cukup mengulangi proses diatas namun biarkan kosong pada pilihan password (Kosongkan Password), kemudian klik OK.

Demikian penjelasan sederhana dan singkat dari admin, semoga dapat membantu bagi kalian yang membutuhkan. Silahkan kunjungi artikel kami yang lain, supaya kalian lebih tahu banyak tentang Ms Excel.

Artikel Terkait :

Pengenalan rumus dan fungsi excel

Cara menemukan data ganda dan data unix di excel

Cara menghapus data ganda di excel

Cara Menghilangkan Data Yang Sama Dan Mengambil Data Unix

Mencari Data Yang Sama Dalam 2 Kolom Excel

Cara Menghitung Jumlah Data Unik Di Excel

Cara Meproteksi File Excel

Jangan lupa berkunjung ya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Meproteksi File Excel"

Posting Komentar