Cara Menghitung Jumlah Data Unik Di Excel

 aqmarofficial.com- Assalamualaekum wr. wb, apa kabar kalian semuanya, berjumpa lagi bersama admin yang baik hati dan tidak sombong. Hari ini kita akan teruskan belajar Ms Excel dengan pembahasan yang tentunya berbeda yaitu Cara Menghitung Jumlah Data Unik Di Excel.

Sebenarnya ini juga bisa dibilang lanjutan dari pembahasan kita tentang Cara Menghilangkan Data yang sama dan mengambil data unik di excel. Setelah menghilangkan data ganda tentu saja kita akan mendapatkan data yang unik bukan?. Namun, disini kita akan langsung menghitung jumlah data yang unik tanpa harus menghapus data yang ganda tersebut. Bagaimana Caranya?, simak kelanjutan kisah berikut J

Menghitung Jumlah Data Unik Pada Excel.

Disini admin akan menggunakan rumus, jadi pastikan perhatian kalian benar-benar on.

Pertama – Siapkan data seperti gambar dibawah ini atau kalian bisa mempersiapkan data kalian sendiri asalkan kalian paham bagaimana menggunakan rumus ini nantinya.

Data Siswa

Sarbini

Sarbintur

Saras

Hamidin

Rumin

Cak Mah

Sarbintur

Saras

Hamidin

Rumin

Muzhir

Mulki

Aenun

Kuntadi

Mursalin

Musbihan

Hamidin

Rumin

Muzhir

Mulki

Hamidin

Rumin

Muzhir

Mulki

 

Kedua - Rumus yang akan admin gunakan adalah dengan menggunakan fungsi Sum dan Countif Rumusnya seperti ini : =SUM(1/COUNTIF(A2:A11;A2:A11)). Admin menaruh rumus tersebut pada Cell C2. Kemudian setelah rumus tersebut ditulis/dicopy jangan lupa untuk menekan CTRL + Shift + Enter. Jika tidak, maka hasilnya akan berbeda.

Setelah kalian melakukan proses diatas, kira-kira datanya akan seperti dibawah ini :

Dari gambar diatas bisa kita lihat bahwa dari sekian banyak Data Siswa yang telah admin buat ternyata hanya ada 12 nama siswa yang memiliki data yang unik.

Kesalahan seperti diatas, bisa saja disebabkan oleh kelalaian pada saat memasukkan data atau karena faktor lain. Tapi sekarang kita tidak perlu risau lagi, karena kita telah banyak belajar mulai dari Cara Menemukan Data Ganda, Menghapus Data Ganda, dan lainnya. Linknya admin taruh dibawah ini.

Artikel Terkait :

Pengenalan rumus dan fungsi excel

Cara menemukan data ganda dan data unix di excel

Cara menghapus data ganda di excel

Cara Menghilangkan Data Yang Sama Dan Mengambil Data Unix

Mencari Data Yang Sama Dalam 2 Kolom Excel

Cara Menghitung Jumlah Data Unik Di Excel

Admin rasa cukup untuk bahasan kita pada kesempatan kali ini. jika ada kata-kata yang kurang atau salah, silahkan untuk memberikan komentar pada bawah artikel ini. Tujuannya supaya admin tahu dan bisa memperbaiki kesalahan tersebut.

Terimakasih banyak.

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menghitung Jumlah Data Unik Di Excel"

Posting Komentar