Cara Membuat Tabel, Mengubah, Dan Menghapus Tabel Di Excel

Jayanti.me.- Selamat datang kembali pada blog sederhana ini, semoga kalian dalam keadaan terbaik untuk mengikuti setiap penjelasan yang admin akan jelaskan. Admin akan berusaha membuat penjelasan yang lebih ringkas namun padat.

Adapun yang akan kita bahas pada pertemuan berikut ini ialah Cara membuat tabel, cara mengubah tabel, serta bagaimana cara menghapus dari tabel atau beberapa kolom yang telah kita buat.

Membuat Tabel Pada Excel.

Misalkan kita akan membuat tabel seperti gambar dibawah ini.

Maka langkah-langkah untuk membuat tabel diatas adalah sebagai berikut :

No 1. Kalian ketikan dan tiru persis kalimat dibawah ini serta perhatikan penempatannya misalnya “Stock Barang” admin taruh di Cell A1, “Nama Barang” di A3, “Jumlah” di B3, dan seterusnya.

Baca Juga : Cara Menghapus Data Ganda Pada Excel

No 2. Kita gabungkan Cell A1 Sampai Cell E2 dengan cara diblock kemudian klik tombol Merge & Center, dan kalian juga bisa mengatur perataannya serta mengubah font size menjadi 20.

No 3. Untuk “Nama Barang” di Cell A3, “Jumlah Stock” di Cell B3, “Jumlah Terjual” di Cell D3, “Stock” di Cell E3 masing-masing dari mereka silahkan kalian block kebawah sampai baris ke 4. Dan kalian klik tombol merge-center seperti gambar No 1. Inget lakukan satu persatu. Sehingga Nampak seperti gambar dibawah ini.

No 4. Ceritanya admin akan menampilkan jumlah barang yang terjual setiap bulannya. Maka admin tambahkan beberapa kolom untuk menampung nama bulan. Caranya, kalian klik dulu kolom “Terjual” kemudian kalian klik kanan, dan pilih Insert. Seperti gambar berikut :

Lakukan cara diatas sampai jumlah bulan yang kalian inginkan terpenuhi, kalau admin sendiri ingin menampilkan data dari bulan januari sampai april.

No 5. Pada Cell C3 sampai F3 admin satukan dengan cara No 2, dan tidak lupa admin berikan masing-masing nama bulan dibawahnya. Serta admin berikan data seperti gambar dibawah ini.

Baca Juga : Menghilangkan Data Yang Sama Dan Mengambil Data Unix di Excel

No 6. Untuk kolom “Jumlah Terjual” dan “Stock Tersisa” admin akan menggunakan rumus, apa rumusnya?, rumusnya sebagai berikut :



Rumus diatas berfungsi untuk menjumlahkan data dari bulan Januari / Cell C5 sampai April / Cell F5. Rumus tersebut bisa kalian aplikasikan juga pada baris dibawahnya. Cara praktisnya, setelah kalian enter rumus diatas maka akan muncul jumlah stock yang terjual, pada cell yang sama kalian arahkan pointer/mouse kalian ke kanan bawah cell tersebut sampai pointernya berubah menjadi tanda Plus “+” kemudian klik tahan dan geret ke bawah sampai data terakhir.

No 7. Sementara untuk kolom “Stock Tersisa” admin gunakan rumus seperti gambar dibawah. Setelah di enter maka akan muncul hasil pengurangan antara Jumlah Stock Awal dikurangi dengan Stock Tersisa. 

Dan untuk mengaplikasikan rumus tersebut pada baris dibawahnya, maka kalian cukup lakukan cara No 6 akhir. Hingga hasil akhirnya akan seperti dibawah ini.

Setelah kalian melalui proses yang begitu panjang diatas, maka kalian telah berhasil membuat sebuah tabel pada Ms Excel serta kalian juga telah melakukan perubahan terhadap tabel pada excel.

Bagaimana cara Mendelete Tabel Pada Excel?

Cara mendelete tabel sangatlah mudah yaitu kalian tinggal block seluruh tabelnya kemudian kalian klik kanan pada tabel terus pilih delete. Akan muncul jendel seperti dibawah kemudian kalian pilih Entire Column atau Entire row.

Maka tabelnya akan hilang untuk selama-lamanya J.

Untuk ilmu yang lainnya terkait Excel, kalian cukup kunjungi link dibawah ini ya..

Pengenalan rumus dan fungsi excel

Cara menemukan data ganda dan data unix di excel

Cara menghapus data ganda di excel

Cara Menghilangkan Data Yang Sama Dan Mengambil Data Unix

Mencari Data Yang Sama Dalam 2 Kolom Excel

Cara Menghitung Jumlah Data Unik Di Excel

Cara Meproteksi File Excel

Mengunci Sebagian Cell Di Excel

Cara Membuat Tabel, Mengubah, Dan Menghapus Tabel Di Excel

Admin rasa telah cukup untuk bahasan kita pada kesempatan yang baik ini.

Akhir kata, semoga kalian sehat dan tidak kurang satu apapun.

Wassalamualekum wr wb.

  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Tabel, Mengubah, Dan Menghapus Tabel Di Excel"

Posting Komentar