4 Cara Membuat Nomor Urut Otomatis Pada Microsoft Excel

aqmarofficial.com- Assalamualaekum wr wb, selamat datang kembali pada blog kami yang sederhana ini. Semoga apa yang admin sampaikan pada blog ini, dapat bermanfaat bagi kita semua. Dan untuk kalian yang sedang menuntut ilmu semoga dimudahkan dalam memahami setiap materi yang kalian sedang pelajari.

Pada artikel sebelumnya admin telah menyampaikan salah satu materi yaitu Cara mengurutkan data di excel. Sekarang admin ingin bahwa kita sama-sama akan belajar mengenai Cara Membuat Nomor Urut Otomatis Pada Microsoft Excel.

Membuat Nomor Urut Secara Manual

Cara yang pertama dalam mengurutkan data adalah dengan cara menuliskan urutan angka satu persatu secara manual. Cara seperti ini merupakan cara paling dasar dan paling banyak dilakukan oleh pemula. Namun demikian cara ini termasuk cara yang paling sering saya hindari. Kenapa? Kalian bayangkan saja jika nomor yang akan diurutkan berjumlah ribuan, bisa kriting jari kita bukan?.

Membuat Nomor Urut Otomatis Dengan Autofill Excel

Cara ini merupakan cara yang paling sering digunakan oleh para pengguna excel dalam membuat penomoran otomatis pada Microsoft excel.

Kenapa cara yang ke 2 ini paling sering digunakan? Karena mudah dan praktis tentunya. Untuk cara detailnya adalah sebagai berikut,:

Kalian cukup ketik angka “1” pada cell A2 dan angka “2” pada cell A3, kemudian kalian block cell A2 sampai Cell A3, arahkan pointer kalian pada pojok bawah kanan sampai muncul tanda plus “+” dan kalian tarik kebawah sampai dengan jumlah nomor yang kalian inginkan.

Membuat Penomoran Otomatis Dengan Menu Fill Excel

Bayangkan jika data yang akan kalian berikan nomor berjumlah ribuan, maka bisa dipastikan jika kalian menggunakan cara 2 bahkan cara 1 akan sangat merepotkan sekali bukan?. Solusinya kalian gunakan Penomoran Otomatis Dengan Menu Fill Excel ini, lalau bagaimana cara menggunakannya? Simak penjelasannya dibawah ini :

Langkah pertama – Kalian masukkan angka 1 pada Cell tertentu (admin sendiri menggunakan cell A2). Kemudian pada tab home pilih tombol Fill – Series. Gambar penjelsanya ada dibawah ini :

Langkah Kedua – akan muncul jendela baru seperti gambar dibawah ini. pada pilihan Series in admin pilih Columns karena admin ingin memberikan penomoran kebawah, jika ingin memberikan penomeran kesamping maka pilih Rows. Pada pilihan Type admin pilih Linear, Pada Step Value isikan angka 1 karena kita akan memulai penomoran dengan angka satu dan pada Stop Value berikan nilai angka sesuai dengan batasan nomor urut yang kalian inginkan.

Membuat Penomoran Otomatis Dengan Rumus Excel

Cara yang terakhir pada artikel ini adalah dengan menggunakan Rumus, ini akan membuat penomoran otomatis berdasarkan kriteria tertentu. Misalnya nomor pada kolom A akan muncul jika Kolom B terisi.

Adapun rumus dan cara menggunakannya adalah sebagai berikut :

=IF(B2="","",ROW()-1)

Rumus diatas kalian ketikkan / copy pada Cell A2 kemudian kalian Enter, jika sudah coba kalian copy rumus tersebut pada Cell A3 sampai Cell yang akan kalian berikan penomeran. Setelah itu, coba kalian ketikkan sesuatu pada kolom B.

Terlihat pada gambar bahwa, ketika data dimasukkan pada cell tertentu pada kolom B, maka Cell pada kolom A akan memunculkan nomor urut.

Admin rasa sudah cukup untuk pembahasan kita pada kesempatan yang baik ini, sampai bertemu lagi pada artikel berikutnya.

Artikel Terkati :

Pengenalan rumus dan fungsi excel

Cara menemukan data ganda dan data unix di excel

Cara menghapus data ganda di excel

Cara Menghilangkan Data Yang Sama Dan Mengambil Data Unix

Mencari Data Yang Sama Dalam 2 Kolom Excel

Cara Menghitung Jumlah Data Unik Di Excel

Cara Meproteksi File Excel

Mengunci Sebagian Cell Di Excel

Cara Membuat Tabel, Mengubah, Dan Menghapus Tabel Di Excel

Cara Membuat Dropdown List Dengan Data Validation Excel

Cara Membuat Dropdown List Dinamis Di Excel

Cara Membuat Dropdown List Bertingkat Pada Excel

Cara Mengurutkan Data Di Excel

4 cara membuat nomor urut otomatis pada microsoft excel

Semoga semua artikel kami pada blog ini dapat membantu memberikan informasi yang baik untuk kalian semuanya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Cara Membuat Nomor Urut Otomatis Pada Microsoft Excel"

Posting Komentar