Rumus Membuat Nomor Urut Otomatis di excel

 aqmarofficial.com- Apa kabar sahabat semuanya?, semoga kalian dalam keadaan terbaik sehingga kalian dapat mengikuti tutorial kali ini. Dan semoga apa yang admin sampaikan sekarang ini dapat bermanfaat bagi kehidupan kita kelak.

Pada artikel sebelumnya, kita telah mempelajari tentang 4 cara membuat nomor urut secara otomatis, namun sekarang kita akan belajar tentang Rumus Membuat Nomor Urut Otomatis Di Excel. Jika kita bicara rumus, maka tentu ini berkaitan tentang kode-kode yang adalam hal ini adalah kode pada Microsoft Excel.

Jika hanya sekedar membuat nomor urut saja, kita bisa melakukannya dengan relative mudah sebagaimana yang admin jelaskan pada artikel sebelumnya. Yaitu bisa secara manual, menggunakan fungsi autofill ataupun dengan memanfaatkan fitur menu FILL yang sudah disediakan oleh Microsoft Excel.

Namun sekarang kita akan membahas tentang Membuat nomor urut otomatis menggunakan rumus, jadi ikuti setiap langkah-langkah yang akan admin jelaskan dibawah ini.

Membuat Nomor Urut Otomatis Berdasarkan Isi Kolom Lain Dengan Fungsi IF Dan Fungsi Row Excel.

Kita akan memanfaatkan cara ini dengan kriteria tertentu yaitu nomor urut hanya tampil jika kolom tertentu yang satu baris dengan sel penomoran ada isinya.

Rumusnya : =IF(B2="","",ROW()-1)

Contoh Penggunaannya seperti dibawah ini.

Pada kolom A2 sampai kolom A7 ketikkan rumus IF dan Row diatas kemudian kalian enter, dan silahkan kalian coba masukkan sembarangan nama pada kolom B2 Sampai Kolom B7. Maka hasilnya harusnya akan seperti gambar diatas.

Membuat Nomor Urut Otomatis Berdasarkan Isi Kolom Lain Dengan Fungsi IF Dan Fungsi Counta Excel.

Rumus yang kedua ini hampir mirip dengan kriteria pada rumus yang pertama, yaitu nomor baris hanya akan muncul ketika kolom tertentu ada isinya.

Rumus : =IF(B15="","",COUNTA($B$15:B15))

Contoh Penggunaanya Seperti dibawah ini .

Cara ini hampir sama dengan cara pertama, namun jika kalian perhatikan terdapat perbedaan yaitu jika cara pertama akan menampilkan urutan nomor berdasarkan nomor urut baris yang telah ditetapkan, tapi cara yang kedua ini akan menampilkan nomor urut secara dinamis atau nomor urutnya akan mengikuti jumlah baris yang terisi. Untuk lebih jelasnya coba kalian hapus data pada sel B15, maka seharusnya nomor urut 1 akan dimulai dari sel 16, namun jika kalian isi kembali data pada sel 15, maka nomor urut 1 akan kembali dimulai dari sel 15.

Membuat Nomor Berulang Maksimal 5 (LIMA)

Pada kasus-kasus penomoran excel tertentu terkadang kita membutuhkan nomor urut berulang. Misalnya anda ingin membuat nomor urut yang hanya terdiri dari nomor 1 sampai 5 saja tapi dapat berulang sampai beberapa kali. Untuk menyelesaikan kasus seperti itu kita membutuhkan rumus sebagai berikut.

Rumus =MOD(ROW()-2,5)+1

Contoh penggunaannya adalah sebagai berikut :

Jika kalian ingin memulai penomoran pada Row (baris) ke 5 maka angka 2 kalian ubah menjadi angka 5, dan jika kalian ingin membuat nomor perulangan dari 1-10 maka gantilah angka 5 menjadi angka 10.

Membuat Nomor Urut Gabungan Dengan Teks

Dalam beberapa kasus juga, kita menginginkan nomor urut digabung dengan teks singkatnya perpaduan teks dengan nomor. Biasanya tujuannya sebenarnya bukan untuk nomor urut melainkan sebagai kode unik tertentu untuk membedakan antara record data.

Rumus dasar untuk menggabungkan nomor urut dengan teks seperti ini =”ABCD”&ROW()-1

Kalian bisa menggabungkan rumus yang telah kita pelajari pada bagian atas artikel ini, seperti ini :

=IF(B2=””,””,”DATA”&ROW()-1)

ATAU

=IF(B2=””,””,”ABCD”&COUNTA($B$2:B2))

Sebenarnya mungkin masih ada lagi cara membuat penomoran secara otomatis dengan cara yang lainnya. Tapi admin rasa rumus diatas sudah cukup membantu dalam menyelesaikan tugas atau pekerjaan kalian yang membutuhkan penomoran otomatis.

Kunjungi link kami dibawah ini untuk mendapatkan pengetahuan lebih terkait dengan excel

Artikel terkait :

Pengenalan rumus dan fungsi excel

Cara menemukan data ganda dan data unix di excel

Cara menghapus data ganda di excel

Cara Menghilangkan Data Yang Sama Dan Mengambil Data Unix

Mencari Data Yang Sama Dalam 2 Kolom Excel

Cara Menghitung Jumlah Data Unik Di Excel

Cara Meproteksi File Excel

Mengunci Sebagian Cell Di Excel

Cara Membuat Tabel, Mengubah, Dan Menghapus Tabel Di Excel

Cara Membuat Dropdown List Dengan Data Validation Excel

Cara Membuat Dropdown List Dinamis Di Excel

Cara Membuat Dropdown List Bertingkat Pada Excel

Cara Mengurutkan Data Di Excel

4 cara membuat nomor urut otomatis pada microsoft excel

Rumus Membuat Nomor Urut Otomatis di excel

Sekian dari admin dan sampai jumpa pada artikel yang lainnya.

 

 

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rumus Membuat Nomor Urut Otomatis di excel"

Posting Komentar