Cara Membuat Dropdown List Bertingkat Pada Excel

 jayanti.me.- Selamat datang kembali admin ucapkan kepada kalian yang telah bersedia berkunjung ke blog kami ini, semoga hari ini kalian masih dalam keadaan terbaik sehingga kalian dapat mengikuti tutorial ini yaitu tentang cara membuat dropdown list bertingkat pada excel.

Sebelum itu, pastikan kalian sudah mengikuti tutorial sebelumnya yaitu Cara Membuat Dropdown List Dengan Data Validation dan Cara Membuat Dropdown List Dinamis Di Excel karena ini akan saling berkaitan. Sehingga nantinya admin dapat menyingkat tulisan pada halaman ini sehingga tidak terlalu panjang.

Membuat Dropdown List Bertingkat Pada Excel

Dropdown list bertingkat sangat berguna ketika kita ingin menampilkan sebuah data tertentu secara otomatis berdasarkan data pada cell yang lain. Misalnya kita membuat list validasi berupa pilihan nama-nama provinsi dimana disitu terdapat nama kabupaten/kota, ada nama kecamatan, desa dan seterusnya.

Supaya tidak terlalu lama menghayal, kita langsung saja prakteknya. Silahkan kalian siapkan data seperti gambar dibawah.


Dari data diatas, rencananya kita akan membuat dropdown list yang ketika kita memilih salah satu Kabupaten dari kolom provinsi, maka pada pilihan dropdown list berikutnya hanya ada pilihan dari kecamatan tertentu yang telah kita tentukan sebelumnya. Dan begitu juga dengan dropdown list setelahnya, kita hanya memilih nama desa berdasarkan nama kecamatan yang telah dipilih pada dropdown list sebelumnya.

Langkah-langkah membuat dropdown list bertingkat yaitu sebagai berikut :

No 1. Pastikan kalian telah membuat data diatas, kemudian beri nama range(Define Name) untuk masing masing list. Kurang lebih nama range yang telah kalian buat akan seperti gambar.

Jang lupa untuk memberikan untuk memberikan nama range “kosong” dan isi data tersebut juga dapat diambil dari Cell yang kosong, ini untuk melakukan pengecualian jika seandainya nama range yang dipilih adalah kosong maka tidak akan menampilkan apa-apa.

No 2. Tentukan Cell untuk meletakkan Dropdown List, admin sendiri ingin meletakkannya di D16. Selanjutnya lakukan seperti yang admin jelaskan pada tutorial Cara Membuat Dropdown List Dengan Data Validation.


No 3. Pada Cell D17(dibawah Cell tempat meletakkan Dropdown List tadi). Lakukan lagi seperti sebelumnya, namun disini pada kotak Souce ketikkan kode berikut. =IF($D$16="KAB.1",KABUPATEN1,IF($D$16="KAB.2",KABUPATEN2,kosong))


Penjelasan dari kode IF diatas, jika pada cell D16 kalian pilih KAB.1 maka kecamatan dari KABUPATEN1 akan dimunculkan, jika kalian pilih KAB.2 maka kecamatan dari KABUPATEN2 akan dimunculkan. jika kalian memasukkan huruf selain Huruf yang telah ditentutakan tersebut maka yang akan di tampilkan adalah kosong.

No 4. Pada Cell D18. Ulangi langkah diatas dan sekali lagi pada Kotak Source ketikkan kode berikut =IF($D$17="KEC.1",KECAMATAN1,IF($D$17="KEC.2",KECAMATAN2,IF($D$17="KEC.3",KECAMATAN3,IF($D$17="KEC.4",KECAMATAN4,IF($D$17="KEC.5",KECAMATAN5,kosong)))))


Setelah melalui proses diatas harusnya datanya akan nampak seperti gambar dibawah ini.


Sekarang kita telah berhasil Membuat Dropdown List Bertingkat Pada Excel.

Admin rasa sudah cukup untuk tutorial kita pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan dapat menyelesaikan masalah kalian.

Artikel Terkait :

Pengenalan rumus dan fungsi excel

Cara menemukan data ganda dan data unix di excel

Cara menghapus data ganda di excel

Cara Menghilangkan Data Yang Sama Dan Mengambil Data Unix

Mencari Data Yang Sama Dalam 2 Kolom Excel

Cara Menghitung Jumlah Data Unik Di Excel

Cara Meproteksi File Excel

Mengunci Sebagian Cell Di Excel

Cara Membuat Tabel, Mengubah, Dan Menghapus Tabel Di Excel

Cara Membuat Dropdown List Dengan Data Validation Excel

Cara Membuat Dropdown List Dinamis Di Excel

Cara Membuat Dropdown List Bertingkat Pada Excel

Kunjungi link diatas supaya kalian mendapatkan ilmu lebih terkait Microsoft Excel.

Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

 

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Dropdown List Bertingkat Pada Excel"

Posting Komentar