Pengertian WorkBook dan WorkSheet

Apakabar kalian semuanya para sahabat jayanti.me, semoga kalian baik-baik saja ya. Bagi yang baru bergabung pada blog kami yang kren ini, saya ucapkan selamat datang dan semoga apa yang kalian pelajari di blog kami yang sederhana ini dapat membantu menambah pengetahuan kalian tentang excel.

Sekarang ini kita akan sama-sama belajar tentang suatu hal yang paling dasar pada Microsoft Excel yaitu Pengertian WorkBook dan WorkSheet. Apa itu WorkBook? Dan Apa itu WorkSheet?. Akan kita bahas satu persatu, yuuk mari kita mulai saja.

Definisi WorkBook dan WorkSheet

Pertama-tama tentu kita harus mengatahui terlebih dahulu definisi dari keduanya, adapun definisinya adalah sebagai berikut :

WorkBook adalah tempat atau area dimana kita melakukan aktifitas utama pada Excel baik dalam satu worksheet atau lebih.

WorkSheet adalah bagian dari workbook, dimana kita memasukkan sebuah data, membuat tabel, dan lain-lainnya. Singkatnya worksheet adalah bagian kecil dari workbook.

Antara WorkBook dan WorkSheet dapat di istilahkan sebagai sebuah buku dimana worksheet adalah halaman dari buku tersebut. Silahkan kalian perhatikan gambar dibawah ini.

Definisi WorkBook dan WorkSheet

Yang saya lingkar orange adalah area kerja worksheet tempat kita membuat data, tabel, chart dan lain sebagainya. Lingkar hijau adalah Tab sheet untuk mengontrol sheet, sementara tanda panah merah menunjukkan Nama Worksheet.

Menambahkan Worksheet

Jika kalian ingin menambahkan sebuah worksheet baru maka kalian bisa melakukannya dengan mengklik tanda plus (+)  yang ada pada Tab Worksheet. Bagi yang menggunakan excel 2010 tandanya berbeda.

Menambahkan Worksheet

Untuk kalian yang menggunakan excel 2010, tanda untuk menambahkan sheet baru akan seperti pada gambar diatas yang ditunjukkan oleh tanda panah.

Mengubah Nama Sheet

Untuk mengubah nama sheet dapat kalian lakukan dengan cara klik kanan pada Tab Worksheet kemudian pilih Rename kemudian ketikkan nama sheet baru yang kalian inginkan.

Contohnya seperti pada gambar dibawah:

Mengubah Nama Sheet

Menghapus Sheet

Sementara untuk menghapus sebuah sheet pada excel, kalian dapat melakukannya dengan cara klik kanan pada Tab worksheet kemudian plih Delete.

Menghapus Sheet

Mengubah Urutan Sheet

Untuk mengubah urutan sheet ini dapat kalian lakukan dengan cara kalian klik tahan pada sheet yang akan kalian pindahkan, kemudian kalian geser ke kiri atau ke kanan sesuai dengan keinginan kalian.

Mengubah Urutan Sheet

Menyembunyikan dan Menampilkan Sheet

Untuk menyembunyikan sheet kalian cukup klik kanan pada sheet yang akan kalian ingin sembunyikan selanjutnya pilih Hide.

Menyembunyikan dan Menampilkan Sheet

Sementara untuk menampilkannya kalian klik kanan lagi pada Tab Worksheet - pilih Unhide – akan muncul jendela baru dan pilih sheet yang akan kalian munculkan kembali.

Sampai disini kalian harusnya sudah mengetahui apa itu workbook dan worksheet pada excel, serta bagaimana cara membuat, mengubah, menyembunyikan dan menampilkan sheet pada excel.

Saya rasa cukup untuk penjelasan admin terkait Pengenalan Workbook dan Worksheet, selanjutnya kita akan belajar sesuatu yang lebih seru lagi tentang excel pada blog sederhana ini. jadi tetap kunjungi blog kami ya.

Kunjungi juga link dibawah ini untuk mendapatkan informasi terkait ilmu excel lainnya.

Artikel Terkait :

Cara Mengurutkan Data Di Excel

4 cara membuat nomor urut otomatis pada microsoft excel

Rumus Membuat Nomor Urut Otomatis di excel

Cara Mengacak Urutan Angka Di Excel

Cara Mengurutkan Rangking Secara Otomatis

Cara Menggunakan AutoFilter Excel

Cara Menggunakan Advanced Filter excel

Cara Menampilkan Hasil Filter Di Sheet Lain Dengan Advanced Filter

Cara Menampilkan Hasil Filter Hanya Untuk Kolom Tertentu Dengan Advanced Filter

Cara Membulatkan Angka Di excel

Cara Menghilangkan Angka Di Belakang Koma

Cara Mengubah Kapitalisasi Huruf Besar Kecil Di Excel

Cara Mudah Menghapus Kolom Dan Baris Kosong Di Excel

Cara Menggabungkan Teks Excel

Mengenal 12 Fungsi IS di excel

Cara Menjumlahkan Ke Bawah, Antar Kolom & Antar Sheet Excel

Cara Mengaktifkan Tab Developer Di Excel

Cara Membuat Header Dan Footer Di Excel

Mengenal Status Bar Di Excel

Pengertian WorkBook dan WorkSheet

Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian WorkBook dan WorkSheet"

Posting Komentar