Cara Menghapus Data Ganda(Duplikat) di Excel

 aqmarofficial.com.- Selamat datang admin ucapkan kepada kalian yang telah bersedia hadir di blog kami yang sederhana ini, semoga dengan apa yang admin bagikan ini dapat memberikan manfaat bagi kita semuanya.

Sebelum lanjut ke topic bahasan kita hari ini, admin ingin mengingatkan kepada kalian yang belum membaca artikel kami sebelumnya yaitu tentang Cara Menemukan Data Ganda (Duplikat) dan Data Unix Pada Excel, maka admin menghimbau supaya kalian baca terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke artikel ini.

Cara Menghapus Data Ganda Di Excel

Dalam beberapa kasus ketika melakukan pengolahan data, sering terjadi data yang mempunyai nilai ganda alias data ganda. Untuk mengtasi hal tersebut kita bisa memanfaatkan fitur-fitur yang ada pada Microsoft excel untuk menghapus data ganda yang dimaksudkan.

Caranya dengan memanfaatkan fitur “Remove Duplicates” menggunakan fitur “Advenced Filter” atau dengan rumus excel seperti contoh dibawah ini.

Pertama.- Buatlah data seperti contoh dibawah ini, kemudian seleksi semua data tersebut.

Nama

Sarbini

Daus

Mat Kocan

Juni

Kamar

Sarbini

Daus

Mahri

Hamid

Kedua.- block data yang dibuat tadi, kemudian Klik Tab Data dan pilih Remove Duplicates.

Ketiga.- akan muncul jendela baru seperti gambar dibawah ini, kemudian pilih “My data has headers”, pilih nama header dari kolom data yang dibuat, Klik Ok.

Hasil dari proses diatas dapat anda lihat pada gambar dibawah ini.

Nama

Sarbini

Daus

Mat Kocan

Juni

Kamar

Mahri

Hamid

Pada awalnya nama Sarbini dan Daus memiliki data yang sama alias Data ganda. Namun setelah kita melakukan proses diatas, maka datanya menjadi tidak terduplikat lagi bukan?.

Kalian jangan sampai tidak mencobanya oke, karena siapa tahu nantinya kalian berhadapan dengan data yang begitu banyak dan data yang banyak tersebut mempunyai begitu banyak data ganda sehingga mengharuskan kalian untuk melakukan filter seperti diatas.

Demikian penjelasan admin dengan materi Cara Menghapus Data Ganda(Duplikat) di Excel, admin mohon jika ada kesalahan dalam pengucapan, ambil yang positif buang yang negative terkait apa yang admin sampaikan.

Jangan lupa untuk berkunjung ke artikel kami yang lainnya juga, linknya admin taruh di bawah ini.

Artikel Terkait :

 

Wassalamualaekum wr wb

 

 

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menghapus Data Ganda(Duplikat) di Excel"

Posting Komentar