Pengenalan Ribbon Excel

Haii, para sahabat jayanti.me, apakabar kalian hari ini? semoga kalian dalam keadaan sehat dan tidak kurang sedikitpun. Seperti biasanya, kita akan belajar excel lagi untuk meneruskan kelanjutan kisah belajar kita tentang excel dasar.

Materi yang akan kita bahas pada kesempatan yang baik ini adalah tentang Pengertian Ribbon Pada Excel. ini tentunya penting dipahami terutama bagi kalian yang masih baru dalam dunia excel, sebab ini akan membantu kalian dalam memahami setiap fitur-fitur yang ada pada excel.

Sebagai informasi tambahan bahwa, excel yang kami gunakan adalah versi 2010. Namun bagi kalian yang menggunakan versi yang berbeda, maka kalian tidak perlu khawatir karena fungsi dan namanya tidak jidak jauh berbeda. Mari kita mulai dari pengertian Ribbon Excel…

Pengertian Ribbon Excel

Ribbon adalah kumpulan tombol perintah yang ada pada excel yang dikelompokkan dalam bentuk Tab berdasarkan Fungsinya. Seperti Tab Home, Insert, Page Layout, Formula, Data, Review, View dan masih banyak lagi yang lainnya. akan tetapi yang biasanya dimunculkan secara default adalah menu-menu tersebut.

Tujuan dari ribbon excel yaitu untuk mempermudah pemakaian excel untuk mengakses serta menggunakan menu atau tombol-tombol perintah yang dianggap penting untuk digunakan.

Bagian-Bagian Ribbon Excel

Supaya lebih jelas, dibawah ini saya akan menjabarkan secara simple terkait bagian-bagian yang ada pada ribbon excel.

  1. Tabs Menu yaitu berisi kumpulan tombol yang dikelompokkan sesuai dengan fungsinya dan seperti yang admin jelaskan diatas bahwa secara default terdapat Tab Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review, View dan lain sebagainya.
  2. Group Menu yaitu berisi kumpulan tombol yang dikelompokkan lagi dalam beberapa group. Masing-masing group dipisahkan dengan Garis Vertikal. Contohnya pada Tab Home terdapat Group Clipboard, Font, Alignment, Number, Styles, Cells, Dan Editing.
  3. Commond Buttons yaitu tombol-tombol yang terdapat pada group menu.
  4. Dialog Box Launcher yaitu beberapa sudut menu group terdapat dialog box launcher yang berguna untuk menampilkan pengaturan lanjutan dari masing-masing group.

Perhatikan Gambar dibawah ini.

Box yang diberikan warna Biru adalah Tab Menu.

Box yang diberikan warna Orange adalah Group Menu.

Icon-icon yang ada didalam group menu adalah Commond Buttons.

Yang terakhir Box Launcer yang ada pada bagian kanan bawah dari setiap group menu.

Untuk membahas kegunaan dari masing-masing tombol yang ada, kita akan bahas pada pertemuan yang lain. Karena jika kita bahas disini, sudah jelas akan kepanjangan dan akan membuatkalian semakin bingung.

Jadi cukup sekian pertemuan kita pada kesempatan yang baik ini, jika ada pertanyaan maka silahkan tinggalkan komentara pada kolom komentar yang telah admin siapkan dibawah ini.

Semoga bermanfaat,,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengenalan Ribbon Excel"

Posting Komentar