Tipe Data Pada Excel

apakabar semuanya? Kembali lagi bersama saya pada blog yang tercinta ini. semoga kalian masih diberikan kesehatan dan pikiran yang bagus untuk menjalankan aktivitas seperti biasanya.

Pada kesempatan hari ini, kita akan belajar lagi materi excel. Dimana pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar banyak hal seperti mengenal formula bar, status bar, mengenal workbook dan worksheet serta masih banyak lagi yang lainnya, kalian bisa cari sendiri materinya pada blog ini.

Namun, untuk kali ini. kita akan sama-sama belajar tentang tipe data pada exce yang bisa kita masukkan kedalam sel-sel kerja Microsoft excel. Pemahaman tetang tipe data pada excel, sangat penting agar kita bisa merencanakan, menyusun seta mengolah data dengan cepat dan tepat.

Adapun tipe data yang akan kita bahas pada artikel ini yaitu tipe data Label, Value, Formula. Sebenarnya banyak  juga yang membagi tipe data ini menjadi 4 yaitu Label, Value, Time dan Date. Akan tetapi menurut saya ke tiga data tipe tersebut sudah mewakili 4 tipe data yang biasanya dipelajari orang lain. Yuuk kita bahas satu persatu..

Tipe Data Label

Tipe data Label adalah jenis data yang tersusun oleh gabungan karakter huruf, angka ataupun karakter simbol pada excel.

Data label ini biasanya digunakan sebagai bagian dari deskripsi sebuah informasi tertentu. Contohnya digunakan untuk menunjukkan nama, header sebuah tabel, atau deskripsi-deskripsi lainnya.

Untuk menguji apakah dalam sel tersebut berisi jenis tipe data teks atau tidak, maka kita bisa melakukan sebuah test dengan fungsi ISTEXT yang telah disediakan excel.

Baca Juga : Mengenal 12 Fungsi IS di excel

Tipe Data Value

Tipe data Value merupakan tipe data yang berupa angka atau numeric, yang dimulai dari angka 0 sampai 9. Kalian bisa menguji apakah nilai dalam sel berisi data value atau tidak dengan cara memanfaatkan fungsi ISNUMBER pada excel.

Jenis Data Value pada excel bisa juga dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Bilangan Bulat : Contohnya seperti, angka 1, 2, 10, 20 ,200, dan seterusnya
  • Bilangan Desimal : Contohnya seperti, angka 1.2, 2.3, 0.5 dan seterusnya.
  • Bilangan Pecahan : Contohnya seperti angka 5/2, 2/2, 3/1, dan seterusnya.
  • Notasi Ilmiah : Contohnya seperti 1,E+03 (1000) dan seterusnya.
  • Data persen : Contohnya seperti angka 100%, 25%, 50% dan lain sebagainya.
  • Tipe Data Mata Uang : Contohnya seperti Rp 5.000.000,00, $ 100 dan lain sebagainya.
  • Nilai Logika True dan False : Hanyakan menghasilkan nilai TRUE atau FALSE.
  • Tipe data Tanggal Dan Waktu : contohnya seperti 01/09/2021, 27 Agustus 2021, 12:00 dan lain sebagainya.

Tipe Data Formula

Untuk tipe data yang terakhir ini yaitu tipe data formula, tipe data ini dapat dikenali dengan karakter sama dengan (=) pada awal susunannya. Tipe data formula akan menghasilkan 2 jenis tipe data sebelumnya yaitu tipe data label dan tipe data value.

Tipe data Formula biasanya digunakan untuk melakukan perintah tertentu pada excel seperti menghitung, mencari, dan masih banyak lagi yang lainnya. Sehingga kalian juga perlu mempelajari formula yang ada pada excel.

Demikianlah pembahasan kita pada kesempatan yang mulai ini, semoga dapat memberikan manfaat kepada kita semuanya.

Sampai jumpa lagi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tipe Data Pada Excel"

Posting Komentar