Rumus Array Pada Excel

 Jayanti.me.- selamat datang kembali para sahabat yang baik hati dan tidak sombong, apakabar kalian hari ini? semoga kalian sehat dan tidak kurang satu apapun.

Seperti biasa kita akan meneruskan belajar kita tentang excel, namun kali ini kita akan belajar mengenai sebuah Rumus yang bernama Array pada Excel.

Bagi kalian yang telah belajar ilmu komputer mungkin tidak asing dengan yang namanya array ini bukan? Array sering di artikan sebagai sebuah Variabel pada bahasa pemrograman. Namun bagaimana dengan array pada excel? Mari kita lanjutkan pembahasannya supaya kalian tidak kebingungan.

Tentang Rumus Array Pada Excel

Rumus Array merupakan rumus yang dapat melakukan berbagai perhitungan pada satu atau beberapa item dalam array. Anggaplah array sebagai baris atau kolom nilai, atau kombinasi baris dan kolom nilai.

Adapun cara menggunakan rumus array pada excel adalah dengan cara menekan tombol Ctrl + Shift + Enter pada keyboard secara bersama-sama saat mengakhiri penulisan formula di excel. Setelah itu, kalian akan melihat bahwa terdapat tanda kurung kurawal {…} pada awal dan akhir dari rumus.

Supaya tidak menghayal kita langsung saja ke contoh penggunaannya.

Baca Juga : Cara Membulatkan Angka Di excel

Contoh Penggunaan Rumus Array Pada Excel

Untuk contoh penggunaan dari fungsi array ini akan admin bagi menjadi beberapa bagian. Dengan tujuan supaya kalian lebih memahaminya.

Pada gambar diatas, admin akan mengalikan beberapa nilai pada kolom A dengan satu sel B1 dengan menampilkan hasilnya pada kolom C dengan rumus =A1:A5*B1 kemudian tekan Ctrl + Shift + Enter pada keyboard. Maka akan terlihat rumusnya seperti ini {=A1:A5*B1 }.

Pada contoh gambar yang ke dua diatas, cara melakukannya hampir sama dengan contoh gambar yang pertama. Hanya saja pada gambar yang kedua posisinya ke samping sedangkan gambar yang pertama posisinya ke bawah, itu saja.

Untuk gambar yang ke tiga ini, cara kerja nya hampi dengan contoh sebelumnya. Hanya saja, kita menggunakan dua tabel nilai untuk dikalikan.

Baca Juga : Cara Menggabungkan Teks Excel

Jika kalian perhatikan ke 3 contoh diatas, menghasilkan nilai ganda atau sebuah array. untuk contoh rumus array yang menghasilkan nilai tunggal bisa kalian lihat dibawah ini.

Pada contoh gambar ke 4 diatas, menggunakan rumus {=SUM(A9:A13*B9:B13)}. Rumus tersebut sama artinya dengan =A9*B9+A10*B10+A11*B11+A12*B12+A13*B13 dengan rumus array terlihat lebih sederhana bukan?

Sebagai Catatan :

Kalian tidak dapat menghapus atau merubah satu atau beberapa sell dalam range array formula. Karena merupakan satu kesatuan, maka cara edit atau hapus hanya bisa dilakukan secara bersama terhadap semua sel dalam lingkup array.

Rumus array dapat diedit dengan cara menyeleksi semua sel dalam lingkup array formula tadi kemudian tekan F2 atau pindah ke formula bar dilanjutkan dengan memodifikasi formulaj.

Jika kalian melakukan perubahan terhadap rumus array, maka jangan lupa untuk menekan kombinasi tombol CTRL+SHIFT+ENTER.

Untuk pembahasan kita pada kesempatan yang baik ini, saya akhiri dulu. Sampai jumpa pada artikel yang lainnya.

Artikel Terkait :

Cara Mengacak Urutan Angka Di Excel

Cara Mengurutkan Rangking Secara Otomatis

Cara Menggunakan AutoFilter Excel

Cara Menggunakan Advanced Filter excel

Cara Menampilkan Hasil Filter Di Sheet Lain Dengan Advanced Filter

Cara Menampilkan Hasil Filter Hanya Untuk Kolom Tertentu Dengan Advanced Filter

Cara Membulatkan Angka Di excel

Cara Menghilangkan Angka Di Belakang Koma

Cara Mengubah Kapitalisasi Huruf Besar Kecil Di Excel

Cara Mudah Menghapus Kolom Dan Baris Kosong Di Excel

Cara Menggabungkan Teks Excel

Mengenal 12 Fungsi IS di excel

Cara Menjumlahkan Ke Bawah, Antar Kolom & Antar Sheet Excel

Cara Mengaktifkan Tab Developer Di Excel

Cara Membuat Header Dan Footer Di Excel

Mengenal Status Bar Di Excel

Pengertian WorkBook dan WorkSheet

Rumus IF Pada Excel

Rumus Vlookup Excel

Rumus Hlookup Excel

Cara Freeze Panel Di Excel

Cara Print Di Excel

Rumus Array Pada Excel

Sampai jumpa pada pertemuan selanjutnya.

 

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rumus Array Pada Excel"

Posting Komentar