Cara Melakukan Penjumlahan Pada Excel

Jayanti.me.- Selamat datang kembali di blog kami yang sederhana ini, walaupun sederhana tapi kami tetap akan menyajikan informasi yang bermanfaat untuk kalian semuanya. Untuk itu saya mengharapkan kalian tetap setia berkunjung ke blog kami ini ya..

Hari ini kita akan sama-sama belajar tentang rumus-rumus dasar yang ada pada Microsoft Excel, yaitu rumus penjumlahan, pengurangan, perkalian serta pembagian. Saya akan mencoba menjelaskan semua rumus tersebut dengan singkat dan jelas agar tidak terlalu bertele-tele. Oke?

Rumus Penjumlahan Pada Excel

Kita akan mulai dari rumus yang pertama ini yaitu rumus penjumlahan. Berikut ini beberapa cara yang bisa kalian coba untuk melakukan penjumlahan data pada di Excel.

Cara 1.

Untuk cara pertama ini, kita akan memanfaatkan Operator Plus (+) pada excel. Untuk contoh cara penulisan rumusnya adalah sebagai berikut ini.

Pada gambar diatas, saya menggunakan rumus =C5+C6+C7+C8+C9+C10+C11+C12+C13+C14 untuk menambahkan jumlah total stock barang yang ada dan hasilnya bisa kalian pada sel C15.

Cara 2.

Sementara untuk cara yang ke dua ini akan lebih simple, yaitu dengan memanfaatkan fungsi Sum pada excel. Berikut contoh penggunaannya.

Terlihat lebih simple bukan?, hanya dengan rumus =SUM(C5:C14) kita sudah bisa mendapatkan hasil yang sama persis dengan cara yang pertama diatas. Ini adalah rumus yang sering dipakai oleh para pengguna excel, karena lebih simple dan akurat tentunya.

Selain menggunakan fungsi SUM, kita juga bisa menggunakan fungsi SUMIF, SUMIFS, SUBTOTAL, SUMPRODUCT, COUNT, COUNTA. Dan mungkin masih banyak lagi yang lainnya. Untuk pembahasannya kita akan uraikan pada kesempatan lain dan pada halaman yang lain.

Rumus Pengurangan Pada Excel

Adapun untuk Rumus pengurangan itu sendiri menggunakan operator minus (-). Berikut ini adalah contoh penggunaannya.

Pada gambar diatas, saya menguplikasikan rumus pengurangan pada kolom tabel Sisa Stock. Adapun rumus yang digunakan adalah =C5-D5 yang artinya kita akan mengurangi nilai yang ada pada sel C5 dengan nilai yang ada pada sel D5. Begitu pula untuk baris dibawahnya mengikuti.

Rumus Perkalian Pada Excel

Rumus Perkalian pada excel itu sendiri menggunakan operator bintang “*”. Berikut ini adalah contoh penggunaannya pada excel.

Contoh kasus diatas, kita akan mencari harga total dari barang yang ada pada tabel. Harga total didapatkan dari Jumlah Stock dikali dengan Harga Per-Satuan. Maka rumus yang saya gunakan adalah =C5*D5, hasilnya pun dapat dilihat pada kolom E.

Sementara untuk baris selanjutnya tentunya mengikuti, sesuai dengan nomor baris dari data tersebut.

Rumus Pembagian Pada Excel

Rumus yang terakhir yang kita bahas pada kesempatan kali ini yaitu pembagian. Adapun operator yang digunakan untuk melakukan pembagian adalah operator bagi “/”. Untuk lebih jelasnya kita langsung ke contoh penggunaannya saja, oke?.

Contoh kasus diatas, saya menambahkan keterangan Harga Rata-Rata Barang. Adapun rumus untuk mencari harga rata-rata tersebut menggunakan =E15/10. Dimana pada sel E15 adalah harga total dari semua barang yang ada dan dibagi 10 karena jumlah semua barang ada 10 barang.

Sebenarnya rumus untuk mencari rata-rata yaitu menggunakan Fungsi AVERAGE, namun contoh diatas hanya untuk menjelaskan bagaimana cara menggunakan operator bagi “/” saja.

Mungkin kita akan membahas tentang Fungsi Average pada kesempatan yang lain, tapi untuk pembahasan kia tentang Cara Menjumlahkan Pada Excel saya rasa cukup sampai disini saja, karena saya yakin sudah paham bagaimana cara menggunakan rumus-rumus yang sudah di uraikan diatas.

Silahkan kunjungi juga artikel kami yang lainnya, linknya telah saya siapkan dibawah ini. kalian cukup tinggal klik saja untuk berpindah ke halaman yang sesuai.

Artikel Terkait :

Cara Mengacak Urutan Angka Di Excel

Cara Mengurutkan Rangking Secara Otomatis

Cara Menggunakan AutoFilter Excel

Cara Menggunakan Advanced Filter excel

Cara Menampilkan Hasil Filter Di Sheet Lain Dengan Advanced Filter

Cara Menampilkan Hasil Filter Hanya Untuk Kolom Tertentu Dengan Advanced Filter

Cara Membulatkan Angka Di excel

Cara Menghilangkan Angka Di Belakang Koma

Cara Mengubah Kapitalisasi Huruf Besar Kecil Di Excel

Cara Mudah Menghapus Kolom Dan Baris Kosong Di Excel

Cara Menggabungkan Teks Excel

Mengenal 12 Fungsi IS di excel

Cara Menjumlahkan Ke Bawah, Antar Kolom & Antar Sheet Excel

Cara Mengaktifkan Tab Developer Di Excel

Cara Membuat Header Dan Footer Di Excel

Mengenal Status Bar Di Excel

Pengertian WorkBook dan WorkSheet

Rumus IF Pada Excel

Rumus Vlookup Excel

Rumus Hlookup Excel

Cara Freeze Panel Di Excel

Cara Print Di Excel

Rumus Array Pada Excel

Cara Melakukan Penjumlahan Pada Excel

Semoga bermanfaat.

 

 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Melakukan Penjumlahan Pada Excel"

Posting Komentar