Rumus Menjumlahkan Data Dengan Sebuah Kriteria

 Jayanti.me.- Pada kesempatan yang berbahagia ini, kita akan belajar lagi untuk menambah pengetahuan kita tentang excel. Dan yang kita pelajari sekarang ini adalah Rumus Menjumlahkan Data Dengan Sebuah Kriteria Pada Excel.

Namun sebelum lanjut, saya ingin mengucapkan banyak-banyak terimakasih kepada kalian yang telah bersedia berkunjung pada blog kami yang sederhana ini. semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada blog ini. Oke Lanjut..

Mengenal Rumus SUMIF Pada Excel

Jadi untuk melakukan penjumlahan data dengan sebuah kriteria tertentu kita membutuhkan sebuah rumus dan rumus tersebut adalah rumus dari Fungsi SUM di kombinasikan dengan Fungsi IF. Sehingga menjadi Rumus SUMIF, dimana Fungsi SUM digunakan untuk menambahkan data sementara fungsi IF digunakan untuk melakukan operasi logika yang bernilai TRUE/FALSE.

Sintaks Dari Rumus Fungsi SUMIF Pada Excel

Untuk sintaknya sendiri, dapat kalian lihat dibawah ini:

SUMIF(Range; Kriteria; [Sum_range])

Penjelasan Rumus Diatas:

  1. Range merupakan Range Data dimana pada range ini kriteria akan diterapkan. Dengan catatan sel yang ada pada rentang ini haruslah berupa angka, atau jika berupa alamat sel, maka sel yang di alamatkan harus bernilai angka.
  2. Kriteria merupakan syarat yang akan diterapkan pada argument range. Dikriteria ini akan menentukan sel mana saja yang akan dijumlahkan
  3. Sum_range merupakan tambahan saja, seandainya kita tidak menambahkan sum _range maka excel hanya akan menambahkan sel yang ditentukan dalam argument range.

Yang perlu diperhatikan ketika menggunakan kriteria teks atau kriteria yang mencakup simbol logika atau matematika, harus ditulis didalam tanda kutip ganda (“ ”), kecuali angka.

Contoh Penggunaan Dari Fungsi SUMIF

Akan lebih baik jika kita langsung saja pada contoh kasus, perhatikan gambar dibawah ini.

Penjelasan Gambar:

Untuk rumus yang pertama adalah =SUMIF(B2:B11;"HP Samsung";C2:C11), yang artinya kita akan menghitung jumlah harga barang pada kolom C, berdasarkan kriteria pada kolom B2:B11 yaitu dengan kriteria “HP Samsung”.

Untuk rumus yang kedua adalah =SUMIF(B2:B11;"HP*";C2:C11), yang artinya kita akan menghitung jumlah harga barang pada kolom C, berdasarkan kriteria pada kolom B2:B11 dengan kriteria Semua HP, makanya ditulis bersama dengan tanda bintang seperti ini “HP*”.

Sementara untuk rumus yang ketiga, penjelasannya hampir sama dengan rumus yang kedua hanya saja kriteria yang di cari berbeda.

Bagaimana jika kriteria yang dibutuhkan untuk menjumlahkan data lebih dari satu? Maka kita membutuhkan Fungsi SUMIFS, karena Fungsi SUMIF hanya menghitung data berdasarkan satu karakter saja.

Fungsi SUMIFS akan kita bahas pada pertemuan selanjutnya. Dan untuk pertemuan Fungsi SUMIF, saya rasa cukup sampai disini saja. Karena saya yakin kalian sudah sangat paham bukan? J.

Jika ada yang akan kalian tanyakan atau ada yang ingin kalian kritik dari penjelasan saya diatas, maka silahkan kalian tinggalkan dikolom komentar yang telah disiapkan dibawah artikel ini.

Baca juga Artikel kami yang lain, linknya telah saya siapkan dibawah ini.

Artikel Terkait :

Cara Mengacak Urutan Angka Di Excel

Cara Mengurutkan Rangking Secara Otomatis

Cara Menggunakan AutoFilter Excel

Cara Menggunakan Advanced Filter excel

Cara Menampilkan Hasil Filter Di Sheet Lain Dengan Advanced Filter

Cara Menampilkan Hasil Filter Hanya Untuk Kolom Tertentu Dengan Advanced Filter

Cara Membulatkan Angka Di excel

Cara Menghilangkan Angka Di Belakang Koma

Cara Mengubah Kapitalisasi Huruf Besar Kecil Di Excel

Cara Mudah Menghapus Kolom Dan Baris Kosong Di Excel

Cara Menggabungkan Teks Excel

Mengenal 12 Fungsi IS di excel

Cara Menjumlahkan Ke Bawah, Antar Kolom & Antar Sheet Excel

Cara Mengaktifkan Tab Developer Di Excel

Cara Membuat Header Dan Footer Di Excel

Mengenal Status Bar Di Excel

Pengertian WorkBook dan WorkSheet

Rumus IF Pada Excel

Rumus Vlookup Excel

Rumus Hlookup Excel

Cara Freeze Panel Di Excel

Cara Print Di Excel

Rumus Array Pada Excel

Cara Melakukan Penjumlahan Pada Excel

Rumus Menjumlahkan Data Dengan Sebuah Kriteria

Semoga membantu.

 

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rumus Menjumlahkan Data Dengan Sebuah Kriteria"

Posting Komentar