Cara Print Di Excel

 Jayanti.me.- Apakabar kalian para sahabat jayanti.me? semoga masih dalam keadaan sehat sehingga bisa melanjutkan pembelajaran kita pada kesempatan kali ini.

Hari ini kita akan belajar tentang materi excel dasar, karena mungkin saja masih ada beberapa dari kalian yang belum mengetahui tentang materi yang akan saya sampaikan dibawah ini. adapun materi pembahasan yang saya maksudkan adalah Cara Print Di Excel.

Bagi kalian yang masih baru belajar tentang excel tentunya ini sedikit membingungkan bukan? Jadi tidak salah jika saya memberikan sedikit ulasan terkait Cara melakukan print pada excel.

Cara print di excel ini berbeda dengan ketika kita melakukan print pada Microsoft Word. Jika di word lembaran halam sesuai ukuran kertas yang akan kita cetak. Namun, di excel hanya terdapat garid antara baris dan kolom.

Cara Print File Di Excel

Mencetak dokumen pada excel, sebenarnya sangatlah mudah. Kalian cukup menekan CTRL + P pada keyboard atau lewat File – pilih Print – Pilih Icon Print.

Baca Juga : Cara Mengurutkan Data Di Excel

Pada halaman pengaturan print seperti gambar diatas, terdapat beberapa pilihan yang bisa kita gunakan untuk melakukan beberapa hal. Antara lain.

No 1. Icon Print : digunakan untuk langsung melakukan percetakan.

No 2. Copies : mengatur jumlah salinan dari halaman yang akan di cetak.

No 3. Printer : untuk memilih printer yang akan digunakan.

No 4. Settings Print

  • Print Active Sheet : untuk mencetak sheet yang sedang aktif saja.
  • Print Entire Workbook : mencetak semua sheet.
  • Print Selection : mencetak sebagian sel yang terseleksi sebelumnya.
  • Print Selected Table : mencetak Berdasarkan format tabel excel yang dipilih.

No 5. Collated : ini digunakan untuk mengatur urutan lembar halaman yang akan diprint.

No 6. Portrait / Landscape Orientasi : untuk memilih jenis orientasi halaman.

No 7. Memilih jenis Kertas

No 8. Mengatur batas tepi pada kertas yang akan di cetak.

No 9. Mengatur Scala percetakan.

Baca Juga  : 

Perhatikan pengaturan dari No 2 Sampai No 9. Setelah di rasa cukup barulah kalian mengklik Icon Print yang ada pada No 1.

Baca Juga : 4 cara membuat nomor urut otomatis pada microsoft excel

Hal Perlu Di Siapkan Sebelum Nge-Print Di Excel

Sebelum melakukan Print data pada excel. Alangkah baiknya jika kalian memperhatikan hal-hal berikut ini.

No 1. Pastikan ukuran kertas pada excel dan jenis kertas pada printer sudah sesuai supaya hasil print sempurna. Caranya Menu Page Layout – pada Group Page Setup pilih Size.

No 2. Tentukan margin atau batas pinggir kertas sesuai dengan kebutuhan kalian. Caranya klik Menu Page Layout – pada Group Page Setup pilih Margins.

Jika kalian ingin melakukan pengaturan yang lebih terkait margin ini, silahkan kalian klik Custom Margins pada pilihan paling bawah.

No 3. Jika jenis dokumen yang mempunyai banyak kolom, maka disarankan menggunakan Landscape Orientation. Caranya pada Menu Page Layout – Pilih Orientation.

No 4. Cobalah melihat tampilan dari halaman yang akan di print terlebih dahulu sebelum di cetak dengan memanfaatkan fitur Page Layout View. Caranya klik Menu View – pilih Page Layout.

No 5. Gunakan Print Area untuk mencetak sebagian atau beberapa bagian sel. Caranya, kalian block area sel yang akan kalian print. Kemudian pilih Menu Page Layout –klik Print Area.


No 6. Manfaatkan fitur skala pencetakan untuk mengatur skala hasil cetak membagi hasil print dalam beberapa halaman yang anda tentukan. Yakni dengan mengatur menu Width dan Height pada Group Scale To Fit yang ada di Tab Layout.

Baca Juga : Rumus Membuat Nomor Urut Otomatis di excel

Sepengalaman saya, kita hanya perlu mengatur ukuran width-nya menjadi 1 page sementara untuk height sendiri cukup berikan nilai automatic sehingga excel akan menyesuaikan dengan ukuran tingga halaman secara otomatis.

Mungkin terdapat beberapa tips lainnya terkait cara nge-print di excel yang tidak sempat saya jelaskan. Namun, dengan cara-cara yang telah kita pelajari diatas pun saya rasa sudah lebih dari cukup.

Sampai jumpa pada artikel kami yang lainnya, dan tetap jaga kesehatan kalian.

 

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Print Di Excel"

Posting Komentar