Rumus Vlookup Excel

Jayanti.me.- Selamat datang kembali para sahabat jayanti.me, apa kabar kalian hari ini? Semoga kalian dalam keadaan sehat dan tidak kurang satu apapun. Dan bagi kalian yang baru bergabung pada blog kami yang sederhana ini, admin ucapkan banyak-banyak terimakasih karena telah bersedia berkunjung. Walaupun hanya sekedar melihat-lihat, akan tetapi itu sangat berguna bagi kami.

Hari ini kita akan belajar sesuatu yang cukup banyak digunakan dalam membuat sebuah program pada Microsoft Excel, apa itu? Dia adalah Fungsi Vlookup. Jadi kita akan membahas fungsi ini secara singkat padat dan jelas. Oke, kita lanjutkan saja langsung pada pokok pembahasannya.

Rumus / Fungsi Vlookup Pada Excel

Rumus / Fungsi Vlookup adalah salah satu fungsi yang ada pada Microsoft Excel yang paling banyak digunakan untuk membuat suatu program karena fungsinya yang dapat digunakan untuk mencari data pada kolom sebuah tabel data, kemudian mengambil nilai dari sel mana pun di baris yang sama pada tabel data tersebut.

Fungsi Vlookup ini dapat kalian temui di semua versi Microsoft Excel, dari excel 2000, excel 2003, excel 2007, excel 2010, excel 2013, excel 2016. Untuk saat ini, admin menggunakan excel versi 2010 sebagai tempat praktek.

Pasangan dari Fungsi Vlookup yaitu Fungsi Hlookup, akan tetapi Fungsi Hlookup akan kita bahas pada artikel berbeda, tujuannya supaya kita lebih focus dulu belajar Vlookup.

Sintaks Rumus / Fungsi Vlookup Pada Excel

Adapun sintaks yang digunakan untuk Fungsi Vlookup ini adalah sebagai berikut :

=VLOOKUP(NilaiYangDiCari; TabelReferensi; NomorKolom; [RangeLookup])

Penjelasan dari rumus diatas adalah sebagai berikut :

  1. NilaiYanddiCari merupakan nilai yang akan kita cari pada kolom pertama pada sebuah tabel atau kolom paling kanan dari Tabel Referensi. Argument ini dapat berupa angka, teks, tanggal maupun nilai tertentu.
  2. TabelReferensi merupakan sebuah tabel referensi data yang terdiri dari 2 kolom atau lebih.
  3. NomorKolom merupakan nomor kolom dari argument TabelReferensi yang mengandung nilai data dan akan kita ambil nilai yang sebaris dari posisi NilaiYangDicari pada kolom yang pertama.
  4. RangeLookup merupakan nilai Boolean TRUE atau FALSE. Nilai Logika True/False ini menunjukkan tipe pencarian. Nilai Logika pada rumus Vlookup digunakan sebagai acuan untuk menetapkan apakah kita akan menemukan hasil yang sama persis atau cukup dengan menemukan nilai yang mendekati nilai yang kita cari. Nilai TRUE untuk menemukan nilai yang sama persis atau mendekati, sedangkan Nilai FALSE untuk menemukan nilai yang hanya sama persis, dan jika tidak ditemukan maka akan menghasil kan pesan error.

Contoh Rumus / Fungsi Vlookup Pada Excel

Agar memudahkan kalian dalam memahami Rumus Vlookup ini, saya selaku admin telah menyiapkan contoh penggunaan Fungsi Vlookup ini. Perhatikan gambar berikut ini :

Gambar diatas adalah data yang akan kita gunakan sebagai acuan untuk mempraktekkan fungsi Vlookup yang akan kita pelajari. Sementara gambar rumus Vlookupnya adalah seperti gambar dibawah ini.

Ada begitu banyak rumus yang admin gunakan pada contoh diatas, namun kita ambil salah satu saja untuk sebagai penjelasan.

=VLOOKUP(C19;A6;E16;2;FALSE)

Arti dari rumus diatas adalah kita akan mencari sel berdasarkan nilai pada C19 dengan referensi tabel A6:E16 nomor kolom yang akan kita ambil adalah kolom ke 2 dengan renge lookup bernilai FAlLSE. Dan hasilnya akan menampilkan Nama Siswa 1.

Sementara dari contoh nomor 3 pada gambar, terjadi error #N/A yang menandakan nilai yang kita cari tidak ada pada tabel. Karena baris yang tersedia hanya 1 sampai 10, sementara nilai yang kita masukkan adalah nilai 11.

Namun pada contoh terakhir tidak terjadi error meskipun nilai yang kita masukkan adalah 11, itu karena RangeLookup dari rumus terakhir itu admin berikan nilai TRUE. maka dengan demikian excel akan mencari nilai yang terdekat dengan nilai 11.

Dari contoh yang telah kita sama-sama pelajari diatas, harusnya kalian telah memahami bagaiman cara kerja dari fungsi ini bukan?. Jadi silahkan kalian banyak-banyak latihan agar kalian lebih mahir lagi menggunakan fungsi Vlookup pada excel ini ya.

Baca juga artike admin lainnya :

Cara Mengurutkan Data Di Excel

4 cara membuat nomor urut otomatis pada microsoft excel

Rumus Membuat Nomor Urut Otomatis di excel

Cara Mengacak Urutan Angka Di Excel

Cara Mengurutkan Rangking Secara Otomatis

Cara Menggunakan AutoFilter Excel

Cara Menggunakan Advanced Filter excel

Cara Menampilkan Hasil Filter Di Sheet Lain Dengan Advanced Filter

Cara Menampilkan Hasil Filter Hanya Untuk Kolom Tertentu Dengan Advanced Filter

Cara Membulatkan Angka Di excel

Cara Menghilangkan Angka Di Belakang Koma

Cara Mengubah Kapitalisasi Huruf Besar Kecil Di Excel

Cara Mudah Menghapus Kolom Dan Baris Kosong Di Excel

Cara Menggabungkan Teks Excel

Mengenal 12 Fungsi IS di excel

Cara Menjumlahkan Ke Bawah, Antar Kolom & Antar Sheet Excel

Cara Mengaktifkan Tab Developer Di Excel

Cara Membuat Header Dan Footer Di Excel

Mengenal Status Bar Di Excel

Pengertian WorkBook dan WorkSheet

Rumus IF Pada Excel

Rumus Vlookup Excel

Sekian dan sampai jumpa pada artikel admin yang lainnya.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rumus Vlookup Excel"

Posting Komentar