Pengenalan Formula Bar Pada Excel

Selamat dantang kembali pada blog kami yang sederhana ini, semoga masih dalam keadaan yang baik. Bagi kalian para sahabat jayanti.me yang telah menjadi bagian dari blog kami ini, kami yang bisa mengucapkan banyak-banyak terimakasih atas dukungan kalian selama ini. Semoga apa yang kalian cita-citakan bisa menjadi kenyataan.

Hari ini kita akan membahas sesuatu materi yang tergolong materi dasar, yaitu tentang Formula Bar Pada Excel. dimana mengenal formula bar dapat memberikan kemudahan dan pengetahuan baru terutama bagi kalian yang masih pemula dalam dunia excel.

Pengertian Formula Bar Pada Excel

Formula bar yaitu sebuah kotak persegi panjang pada excel yang berfungsi untuk menampilkan dan mengedit isi dari sebuah sel yang saat ini aktif. Pada formula bar juga, kita bisa memasukkan sebuah rumus serta untuk mengedit atau memperbaiki kesalah rumus yang mungkin saja terjadi.

Pengertian Formula Bar Pada Excel

Baca Juga : Cara Mengurutkan Rangking Secara Otomatis

Name Box

Name Box yang berada disebalah kiri formula bar digunakan untuk menunjukkan alamat sel atau nama dari sel atau range yang sedang aktif.

Pada bagian name box terdapat icon segitiga kecil jika kalian klik maka akan menunjukkan daftar nama-nama sel yang sedang kalian gunakan pada workbook file yang terbuka.

Name Box

Cancel, Enter, Insert Function

Jika kalian perhatikan antara Name Box dan Formula Bar ada 3 buah icon yang masing-masing memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Ikon Cancel (x) : Icon ini bertujuan membatalkan perubahan atau editing data yang sedang dilakukan. Icon ini mempunyai fungsi yang sama dengan tombol Esc Pada Keyboard.
  • Ikon Enter ( ) : icon ini digunakan untuk menerima input data atau perubahan pada sel aktif.
  • Ikon Insert Function (fx) : icon ini jika diklik maka akan memunculkan sebuah kotak jendela insert function akan terbuka. Pada jendela munculan ini dapat kita temukan daftar fungsi excel yang dapat digunakan.

Baca Juga : Cara Menggunakan Advanced Filter excel

Mengubah Tinggi Formula Bar

Secara default ukuran formula bar hanya muat untuk menampilkan 1 baris input data saja. jadi kita perlu menambah/ memperluas area formula bar dengan cara memilih icon segitiga yang ada di ujung sebelah kanan dari formula bar.


Sementara untuk mengembalikan ukuran formula seperti sebelumnya, kalian cukup menekan kembali icon segitiga seperti sebelumnya.

Sekian artikel ini saya buat dengan penuh kesadaran dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Semoga kalian memahami apa yang telah saya sampaikan diatas. Namun jika ada yang ingin ditanyakan silahkan kalian tuliskan saja di kolom komentar dibawah, Oke..

Semoga Bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengenalan Formula Bar Pada Excel"

Posting Komentar