Rumus Averageif Pada Excel

Selamat bergabung Kembali pada blog kami yang sederhana nan simple ini, semoga kalian betah berlama-lama dan membaca setiap artikel pada blog ini.

Disini kami akan selalu berusaha berbagi ilmu yang terkait dengan teknologi dan lainnya, terlebih ilmu excel. dan Adapun pembahasan yang ingin kami sampaikan pada kesempatan yang biak ini adalah Fungsi Averageif Pada Excel.

Pengertian Fungsi Averageif Pada Excel

Fungsi Averageif merupakan fungsi pada excel yang digunakan untuk menghitung nilai rata-rata suatu nilai berdasarkan sebuah kriteria tertentu.

Jika pada pembahasan sebelumnya kita telah belajar juga mengenai cara menghitung nilai rata-rata tanpa menggunakan suatu kriteria dengan fungsi average excel, maka hari ini kita belajar lagi menghitung nilai rata-rata tapi menggunakan sebuah kriteria dengan Fungsi averageif excel.

Baca Juga : 

Fungsi ini akan sangat membantu Ketika kalian ingin menghitung nilai rata-rata dari sekian banyak data yang ada dengan menggunakan sebuah kriteria tertentu.

Cara Menggunakan Fungsi Averageif Pada Excel

Perhatikan rumus dibawah ini.

=AVERAGEIF(range; criteria; [average_range])

Range merupakan argument yang berisi kumpulan kriteria-kriteria tertentu yang akan kita ambil sebagai acuan.

Criteria merupakan argument yang berisi kriteria tertentu dari kumpulan data yang akan kita hitung nilai rata-ratanya.

[average_range] merupakan kumpulan data angka yang akan kita cari nilai rata-ratanya berdasarkan criteria yang telah kita tentukan sebelumnya.

Supaya tidak lama-lama kebingungan maka kita lansung saja ke contoh penggunaan fungsi averageif pada Microsoft Excel.

Contoh Penggunaan Fungsi Averageif Pada Microsoft Excel

Perhatikan gambar dibawah ini.

Contoh Penggunaan Fungsi Averageif Pada Microsoft Excel

Dari gambar diatas, saya ingin menjelaskan penggunaan fungsi averageif excel menggunakan contoh kasus administrasi barang.

Rumus =AVERAGEIF(C2:C6;"Rumahan";D2:D6) ini bertujuan untuk mencari nilai rata-rata dari kumpulan angka pada cell D2:D6 dengan kriteria “Rumahan” yang terdapat pada cell C2:C6.

Rumus =AVERAGEIF(C2:C6;"Perkebunan";D2:D6) ini bertujuan untuk mencari nilai rata-rata dari kumpulan angka pada cell D2:D6 dengan kriteria “Perkebunan” yang terdapat pada cell C2:C6.

Itulah yang bisa saya sampaikan untuk saat ini, sebenarnya masih banyak lagi contoh penggunaan fungsi averageif excel lainnya. akan tetapi saya merasa cara diatas adalah salah satu cara yang baik untuk membuat kalian memahami penggunaan fungsi averageif pada excel.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rumus Averageif Pada Excel"

Posting Komentar