Rumus Averageifs Pada Excel

Apa kabar sahabat ku yang baik hati, hari ini kita akan melanjutkan materi pembelajaran kita tentang rumus dan fungsi excel lainnya. Dimana, pada kesempatan sebelumnya kita telah membahas mengenai fungsi average excel dan fungsi averageif excel.

Jadi hari ini, kita akan belajar fungsi averageifs pada excel. Fungsi ini adalah lanjutan dari kedua fungsi average yang telah kita pelajari sebelumnya.

Ketiga fungsi yang telah disebut diatas, merupakan fungsi yang memang diperuntukkan untuk menghitung nilai rata-rata. Akan tetapi perbedaannya adalah jika fungsi average menghitung nilai rata-rata tanpa membutuhkan sebuah kriteria maka fungsi averageif dan averageifs membutuhkan sebuah kriteria yang akan dihitung.

Jadi kesimpulannya:

Selengkapnya tetang fungsi averageifs pada excel adalah sebagai berikut ini.

Fungsi Averageifs Pada Excel

Fungsi averageifs merupakan fungsi pada excel yang digunakan untuk menghitung nilai rata-rata nilai dari kumpulan data angka dengan beberapa kriteria.

Cara Menggunakan Fungsi Averageifs Pada Excel

AVERAGEIFS(average_range; criteria_range1; criteria1, [criteria_range2; criteria2],…..)

Keterangan Rumus Diatas:

Average_range merupakan kumpulan data yang akan kita hitung nilai rata-ratanya.

Criteria_range1 merupakan kumpulan kriteria dari data yang akan kita ambil dan gunakan.

Criteria1 merupakan kriteria yang akan menentukan cell yang akan dihitung rata-ratanya.

Criteria_range2, criteria2 merupakan argument selanjutnya yang berisi kumpulan kriteria yang akan digunakan seperti criteria_range1 dan criteria1.

Sekarang mari kita lanjutkan kecontoh penggunaan dari fungsi averageifs excel berikut ini.

Contoh Fungsi Averageifs Pada Excel

Perhatikan contoh gambar dibawah ini.

Contoh Fungsi Averageifs Pada Excel

Contoh gambar diatas, saya ambil dari contoh fungsi averageif excel yang telah kita bahas sebelumnya. Namun, tentunya telah saya modifikasi sehingga lebih kompleks lagi karena perhitungannya menggunakan dua kriteria sekaligus.

Untuk rumus yang pertama itu, saya akan mencari nilai rata-rata dari kumpulan data pada cell F2:F6 dengan kriteria1 “Rumahan” yang ada pada cell D2:D6 dan kriteria2 “>2” yang artinya barang yang terjual dengan kriteria “Rumahan” lebih dari 2 unit, setelah kedua kriteria terpenuhi maka hitung nilai rata-rata nilainya.

Begitu pula dengan pada rumus yang kedua itu, hanya saja berbeda degan rumus pertama yang mencari kriteria1 “Rumahan” sementara rumus yang kedua mencari kriteria1 “Perkebunan”.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rumus Averageifs Pada Excel"

Posting Komentar