Rumus Count Pada Excel

Apa kabar sahabat ku yang baik hatinya, semoga kalian masih dalam ke adaan terbaik dan dengan performa terbaik. Karena pada saat ini, kita akan melanjutkan proses belajar kita tentang rumus dan fungsi excel.

Adapun yang akan kita bahas pada kesempatan yang baik ini adalah Fungsi Count Pada Excel. Dimana fungsi ini merupakan salah satu fungsi statistic pada excel yang memang diperuntukkan dalam perhitungan.

Fungsi COUNT Microsoft Excel

Fungsi Count merupakan fungsi yang digunakan untuk menghitung jumlah sel yang terisi angka pada excel.

Fungsi ini sangat cocok bagi kalian yang sedang mencari cara untuk menghitung jumlah cell yang sudah diisikan dengan data atau tidak.

Cara Menggunakan Fungsi Count Excel

Perhatikan rumus count pada excel.

COUNT(value1; value2; value3;….)

Value1 merupakan argument berisi alamat cell yang ingin dicek apakah sudah terisi data atau tidak.

Value2, value3 merupakan argument berisi alamat cell yang ingin dicek juga seperti value1. Hanya saja untuk value2 dan value3 ini tambahan saja, boleh diisi dan boleh kosong.

Menggunakan fungsi count pada Microsoft Excel tidaklah sulit, kalian hanya tinggal memasukkan referensi cell yang akan di cek apakah cell tersebut kosong atau tidak.

Untuk lebih jelasnya, mari kita sambut contoh gambar yang telah kami siapkan dibawah ini. mudah-mudahan saja kalian paham.

Contoh Dalam Menggunakan Fungsi COUNT Excel

Perhatikan gambar dibawah ini.

Dari gambar diatas terlihat bahwa fungsi count pada excel hanya akan menghitung jumlah cell yang sudah diisikan dengan data angka walaupun tidak harus angka, bisa dengan huruf dan sebagainya.

Rumus yang saya gunakan adalah =COUNT(B2:B10) artinya kita akan menghitung jumlah cell yang telah diisikan dengan data, mulai dari cell B2 sampai B10, akhirnya mengembalikan hasil 7. Itu karena dari 9 cell yang ada, terdapat 2 cell yang anggap belum diisikan data.

Data nomor 5 adalah nol (0), walaupun begitu masih tetap di anggap sudah terisi.

Dan data nomor 9 adalah huruf “p” dianggap kosong karena fungsi count excel hanya menghitung nilai angka saja.

Dengan demikian berakhirlah rangkaian materi kita pada hari ini, semoga segala amal ibadah kita diterima disisi yang maha kuasa termasuk amal ibadah kita hari ini. Aamiin.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rumus Count Pada Excel"

Posting Komentar