Rumus Rank Pada Microsoft Excel

Apakabar semuanya, seperti biasa kita akan melanjutkan proses belajar excel kita dengan tema yang tidak kalah menarik dari sebelum-sebelumnya.

Jika pada kesempatan sebelumnya kita telah belajar bagaimana mencari nilai tertinggi ke-x dalam suatu kumpulan data menggunakan fungsi large excel. Yang cukup berguna dalam banyak hal, seperti mencari siapa diantara siswa yang memiliki nilai tertinggi dalam suatu kelas yang biasa kita sebut dengan peringkat atau rangkin kelas. 

Sebenarnya Microsoft excel telah menyiapkan fungsi yang lebih cocok untuk menghandel itu semua. Fungsi itu adalah fungsi Rank Pada Microsoft Excel.

Fungsi Rank Pada Microsoft Excel

Fungsi ini dapat berguna dalam mengembalikan peringkat sebuah nilai angka dalam kumpulan data atau daftar nilai. Nilai yang dihasilkan relatif terhadap nilai lain dalam daftar nilai tersebut.

Terdapat beberapa variasi dalam fungsi rank yaitu fungsi Rank.EQ dan Rank.AVG. kedua varian ini memiliki perbedaan dalam menggunakannya. Ini akan langsung kita bahas nanti pada bagian contoh penggunaan.

Baca Juga : Rumus Find Pada Excel

Cara menggunakan Fungsi Rank Pada Microsoft Excel

Perhatikan rumus berikut ini.

RANK(nomor; referensi; [order])

Argument nomor merupakan argument yang berisi angka yang ingin kita ketahui peringkatnya.

Argument referensi merupakan argument yang berisi daftar angka yang merupakan acuan nilai argument nomor dalam menentukan peringkat.

Argument order merupakan argument yang berisi kode angka untuk menentukan penetapan peringkat. Terdapat dua kode angka dalam argument order yaitu:

  • Angka 0 untuk menetapkan peringkat secara Descanding.
  • Angka 1 untuk menetapkan peringkat secara Ascanding.

Contoh Dalam Menggunakan Fungsi Rank Pada Excel

Perhatikan contoh gambar dibawah ini.

Pada contoh diatas, terlihat dengan jelas bagaimana mudahnya menggunakan Fungsi Rank Pada Excel serta hasil yang diperoleh.

Dengan menggunakan fungsi rank excel, kita bisa langsung mengetahui siapa siswa yang mendapatkan nilai tertinggi dalam suatu kelas.

Mungkin dimasa yang akan datang fungsi rank excel akan digantikan dengan fungsi RANK.EQ Excel, namun hingga saat ini fungsi rank excel masih dapat digunakan pada excel (saya sendiri menggunakan Microsoft Excel 2016).

Selain RANK.EQ ada lagi fungsi rank lainnya yaitu Fungsi RANK.AVG. perbedaannya adalah jika fungsi RANK.EQ adalah fungsi yang akan menggantikan fungsi rank dimasa yang akan datang, sehingga hampir tidak ada bedanya dengan fungsi rank excel.

Sementara fungsi RANK.AVG ini akan mengembalikan nilai rata-rata dari hasil yang memiliki nilai yang sama.

Untuk supaya lebih jelasnya, silahkan perhatikan contoh gambar dibawah ini.

Perhatikan nilai 5,5 pada kolom RANK.AVG, itu menunjukkan bahwa fungsi ini mengembalikan nilai rata-rata yang memiliki nilai yang sama bukan?

Sementara untuk hasil yang dikembalikan oleh fungsi RANK.EQ ini tidak memiliki perbedaan sama sekali dengan fungsi RANK excel. ini dikarenakan fungsi RANK.EQ adalah fungsi yang akan menggantikan fungsi RANK dimasa yang akan datang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rumus Rank Pada Microsoft Excel "

Posting Komentar