Pengertian Microsoft Word

Selamat datang Kembali di blog kami yang sederhana ini, semoga apa yang kalian cari dapat kalian temukan pada blog sederhana ini.

Sekarang kita akan belajar tentang salah satu aplikasi paling popular di jagat raya yaitu Microsoft Word. Halaman ini merupakan materi pertama kita tentang Microsoft Word, jadi kita akan memulainya dengan memahami Microsoft word itu sendiri.

Pengertian Microsoft Word

Pengertian Microsoft Word

Microsoft Word adalah Sebuah Software pengolah kata yang dikembangkan oleh pihak Microsoft untuk membuat, mengedit dan mencetak sebuah tulisan dalam bentuk Softcopy (file) ataupun Hardcopy (Hasil Print).

Tujuan Microsoft membuat aplikasi ini yaitu untuk mempermudah kita dalam membuat berbagai jenis dokumen baik untuk keperluan personal ataupun pekerjaan (bisnis).

Fungsi Microsoft Word

Adapun fungsi dari Microsoft Word itu sendiri memiliki 3 fungs utama yaitu:

  1. Membuat Dokumen
  2. Mengedit Dokumen
  3. Mencetak Dokumen

Jadi dengan menggunakan Microsoft Word kita bisa membuat dokumen mulai dari halaman kosong ataupun menggunakan tamplate yang telah disediakan oleh pihak Microsoft.

Kalian juga dapat mengedit dokumen yang telah kalian buat dan simpan dengan cara membuka document yang kalian simpan dan kemudian mengeditnya sesuai dengan keinginan kalian.

Setelah dirasa cukup, maka kalian bisa dengan mudah mencetak hasil kerja kalian pada Microsoft word yang telah dihubungkan dengan printer.

Ada banyak jenis document yang dapat kita buat menggunakan Microsoft word ini, seperti Membuat Surat, Laporan, Proposal, Berita, Browsur, Katalog, Poster, Flyer, Spanduk, Kartu Nama, Kartu Ucapan, Nota, Kemasan Produk, Sertifikat dan masih banyak lagi lainnya.

Manfaat Dan Keunggulan Microsoft Word

  1. Efektif
  2. Efisiensi
  3. Biaya Murah

Microsoft word sangat efektif dalam menyelesaikan tugas dan pekerjaan baik personal ataupun bisnis tidak seperti mesin ketik model lama yang sangat memakan banyak waktu dan tenaga. Selain itu, terdapat banyak fitur yang terdapat pada Microsoft Word yang dapat mempermudah pengerjaan suatu dokumen.

Untuk masalah biaya, menggunakan Microsoft Word dapat menekan biaya yang biasanya dikeluarkan dibandingkan dengan menggunakan mesin ketik jaman dulu. Itu disebabkan karena Word dapat menghasilkan file dalam bentuk digital.

Sejarah Microsoft Word

Setelah pengenalan singkat terkait Microsoft Word dan sebelum kita lanjutkan ke tahap selanjutnya, alangkah baiknya kita mengetahui sejarah dari Microsoft Word itu sendiri.

Jadi pada tahun 1981, Microsoft Word pertama kali dikembangkan oleh Charles Simonyi dan Richard Brodie. Keduanya adalah programer handal ini di rekrut oleh Bill Gates dan Paul Allen untuk bergabung bersama Microsoft.

Dan pada tahun 1983, MS Word diluncurkan dalam bentuk MS DOS yang diikuti oleh 4 versi yang hampir sama tapi tidak begitu sukses pada saat itu.

Untuk mempermudah kalian dalam memahami sejarah perkembangan dari Microsoft Word, saya telah menyiapkan rangkuman data yang mudah-mudahan dapat membantu kalian dalam memahami Microsoft Word.

Tahun

Versi MS Word

Fitur dan Perubahan

1989

Ms Word untuk Windows 1.0

Tahap Awal

1990

Ms Word untuk Windows 1.1

Tahap Awal

1990

Ms Word untuk Windows 1.1a

Tahap Awal

1991

Ms Word untuk Windows 2.0

Tahap Awal

1993

Ms Word untuk Windows 6.0

Tahap Awal

1995

Ms Word untuk Windows 95

Tahap Awal

1997

Microsoft Word 97

Perubahan besar dari segi tampilan, maupun fitur yang disajikan. Mulai banyak digunakan oleh masayarakat luas.

1998

Microsoft Word 98

Penyempurna Microsoft word 97

1999

Microsoft Word 2000

Adanya fitur tambahan yaitu clipboard untuk penyimpanan sementara saat user melakukan copy, paste, ataupun cut.

2001

Microsoft Word 2002

Adanya Fitur bulled list dan table.

2003

Microsoft Word 2003

Adanya fitur voice comment

2006

Microsoft Word 2007

Adanya fitur Ribbon, fitur SmartArt. Tampilan lainnya.

2010

Microsoft Word 2010

Adanya fitur Backstage view di tab info untuk melihat overview dokumen.

2013

Microsoft Word 2013

Adanya fitur import file PDF.

2016

Microsoft Word 2016

Adanya fitur yang dapat terintegrasi dokumen dengan cloud.

2019

Microsoft Word 2019

Versi Terbaru saat ini. Suport LaTex.

Demikianlah materi kita pada kesempatan yang baik ini tentang Pengertian dan Sejarah Singkat Dari Microsoft Word. Pada pembahasan selanjutnya, kita akan belajar tentang bagaimana mengoperasikan Microsoft word dengan baik dan benar secara bertahap.

Jadi tetap ikuti terus update dari kami, sampai jumpa pada halaman dan pembahasan lainnya.

Artikel Lainnya : 

Pengertian Microsoft Word

Bagian-Bagian Dan Tampilan Microsoft Word

Cara Membuka Microsoft Word

Terimakasih Banyak telah berkunjung.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Microsoft Word"

Posting Komentar