Rumus Small Pada Microsoft Excel

Selamat datang Kembali pada blog kami yang sederhana ini, semoga kalian masih dalam ke adaan sehat dan bugar sehingga kalian dapat mengikuti pembahasan yang akan saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini.

Jika pada kesempatan sebelum-sebelumnya, saya telah membahas tetang cara mencari nilai tertinggi dan terendah berdasarkan suatu kumpulan data dengan menggunakan fungsi MIN dan Fungsi Max pada Microsoft excel, namun masalahnya bagaimana jika kita ingin memunculkan nilai tingkatan kedua terendah, ketiga, dan seterusnya dari suatu kumpulan data.

Maka dari itulah, hari ini kita akan belajar fungsi small pada excel. fungsi ini akan sangat berguna Ketika kalian mencari nilai terendah ke-x dari suatu kumpulan data.

Fungsi Small Dalam Microsoft Excel

Seperti yang saya sampaikan diatas bahwa, Fungsi ini merupakan fungsi yang dapat berguna dalam mencari nilai terendah ke-x dari suatu kumpulan data tertentu.

jika kalian ingin mencari nilai tertinggi ke-x atau kebalikan dari fungsi small maka gunakan fungsi large pada excel. Tapi fungsi ini akan kita bahas pada halaman berikutnya, untuk saat ini kita fokuskan saja bahas fungsi small excel.

Baca Juga : Rumus IFERROR Pada Excel

Cara Menggunakan Fungsi Small Dalam Microsoft Excel

Perhatikan rumus berikut ini.

SMALL(array; k)

Argument array ini berisi kumpul data yang ingin dicari nilai terendahnya.

Argument k merupakan argument yang berisikan suatu angka tertentu yang menunjukkan bahwa kita akan mencari data terendah ke berapa.

Contoh Dalam Menggunakan Fungsi Small Dalam Microsoft Excel

Perhatikan gambar dibawah ini.

Baca Juga : Rumus And Pada Microsoft Excel

Pada rumus yang pertama dari gambar diatas =SMALL(D2:D11;1) ini artinya kita akan mencari nilai terendah pertama dari kumpulan data D2 sampai D11.

Sedangkan rumus yang kedua dari gambar diatas =SMALL(D2:D11;2) ini artinya kita akan mencari nilai terendah urutan kedua dari kumpulan data D2 sampai D11.

Dan yang terakhir rumus yang ketiga =SMALL(D2:D11;3) ini artinya kita akan mencari nilai terendah urutan ketiga dari kumpulan data D2 sampai D11.

Untuk rumus yang pertama ini, hasilnya tidak ada bedanya dengan rumus =MIN(D1:D10). Untuk rumus yang kedua dan selanjutnya barulah terlihat bagaimana perbedaannya bukan?.

Dan sekarang bagaimana jika kita ingin mencari nilai tertinggi ke 1, 2, 3 dan seterusnya. Misalnya, untuk mencari tahu siapa yang mendapatkan rangking 1, 2, 3 dalam suatu kelas. Maka kita membutuhkan Fungsi Large Pada Microsoft Excel, namun fungsi ini akan kita bahas pada halaman berikutnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rumus Small Pada Microsoft Excel"

Posting Komentar