Rumus INT Pada Microsoft Excel

Jayanti.me.- Apa kabar sahabat Jayanti.me? semoga kalian masih sehat dan tidak kurang satu apapun sehingga kalian dapat mengikuti penjelasan yang berisikan pembahasan tentang tutorial Microsoft Excel mengenai Fungsi INT Pada Microsoft Excel.

Jika sebelumnya kita telah belajar tentang Fungsi Round, Rounddown, dan Roundup untuk melakukan pembulatan angka pecahan baik pembulatan ke bawah ataupun pembulatan ke atas, maka hari ini kita akan belajar mengenai cara membulatkan angka dengan fungsi INT excel.

Fungsi INT Pada Excel

Fungsi int excel merupakan fungsi yang berguna dalam melakukan pembulatan angka pecahan ke arah bawah.

Fungsi int excel sebenarnya lebih cocok jika dikatakan sebagai rumus yang dapat dipergunakan untuk memotong angka pecahan bukan sebagai pembulat angka pecahan. Kenapa? Karena cara kerja fungsi ini yang membulatkan angka kebawah dan mengabaikan angka dibelakang koma tanpa terkecuali.

Fungsi int ini lebih mirip jika dikatan seperti fungsi rounddown dengan nilai digits bernilai 0, sehingga mengabaikan angka koma yang lainnya.

Cara Menggunakan Fungsi INT Pada Microsoft Excel

Berikut ini adalah rumus fungsi int excel:

INT(nomor)

Argument nomor pada rumus merupakan argument yang berisikan bilangan pecahan baik yang ditulis secara langsung ataupun berdasarkan referensi cell.

Supaya lebih jelas lagi, mari lanjutkan membaca artikel ini sampai selesai.

Contoh Dalam Menggunakan Fungsi INT Excel

Perhatikan contoh gambar yang telah kami siapkan dibawah ini agar lebih memahami tentang tata cara penggunaan fungsi int pada Microsoft Excel.

Contoh Dalam Menggunakan Fungsi INT Excel

Penggunaan fungsi int excel pada Microsoft Excel masih tergolong sangat mudah, hanya dengan mengetikkan nama fungsi yang diawali dengan tanda sama dengan, kemudian dimasukkan nomor pecahan baik berupa angka yang ditulis langsung ataupun berdasarkan alamat cell seperti yang ditunjukkan pada gambar diatas maka kita sudah mendapati hasil pembulatan angka.

Seperti yang kalian lihat pada gambar diatas bahwa fungsi int excel hampir mirip dengan fungsi rounddown excel dengan menggunakan digits 0.

Bedanya adalah jika fungsi rounddown excel kita masih bisa mengatur nomor digits yang akan dimunculkan pada cell excel. Sementara fungsi int excel tidak bisa seperti itu, dan karena itulah fungsi ini lebih cocok dikatan sebagai fungsi yang memotong dari pada membulatkan.

Demikian pembahasan kita pada kesempatan yang baik ini, semoga apa yang kita pelajari hari ini dapat memberikan manfaat bagi kehidupan kita dimasa yang akan datang.

Artikel Terkait:

Rumus Lower, Upper, Proper Pada Excel

Rumus Left, Right, Mid Pada Excel 

Rumus IFERROR Pada Excel

Rumus And Pada Microsoft Excel

Rumus Or Pada Excel

Rumus Not Pada Excel

Rumus Find Pada Excel

Rumus Search Pada Excel

Rumus Fungsi LEN Pada Excel

Rumus TRIM Pada Excel

Rumus Substitute Pada Excel

Rumus Replace Pada Excel

Rumus Text Pada Excel

Rumus Exact Pada Excel

Rumus Index Pada Excel

Rumus Match Pada Excel

Rumus Offset Pada Excel

Rumus Address Pada Excel

Rumus Indirect Pada Excel

Rumus Subtotal Pada Excel

Rumus Sum Pada Excel

Rumus Sumif Pada Excel

Rumus SUMIFS Pada Excel

Rumus Sumproduct Excel

Rumus ROUND Pada Excel

Rumus Rounddown Pada Excel

Rumus ROUNDUP Pada Excel

 Rumus INT Pada Microsoft Excel

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rumus INT Pada Microsoft Excel"

Posting Komentar