Rumus Sumproduct Excel

Jayanti.me.- Hari ini kita akan terus dan lagi-lagi membahas tentang rumus-rumus yang ada pada excel. Adapun rumus yang akan kita bahas pada kesempatan yang baik ini adalah rumus sumproduct pada Microsoft excel.

Oh, iya bagi kalian yang belum baca artikel kami sebelumnya terkait fungsi sum, sumif, dan sumifs maka kami persilahkan untuk sekiranya untuk membacanya terlebih dahulu. Namun, jika kalian merasa tidak perlu maka silahkan dilanjutkan saja mengikuti pembahasan kami berikut ini.

Rumus Sumproduct Pada Excel

Fungsi/rumus sumproduct excel adalah fungsi yang berguna untuk mendapatkan jumlah dari hasil perkalian antara baris-baris data yang bersesuaian pada beberapa array atau kumpulan data di excel.

Cara Menggunakan Rumus Sumproduct Pada Excel

Rumus sumproduct excel adalah sebagai berikut ini:

SUMPRODUCT(Array1; [array2]; [array3];..)

Penjelasan sintak fungsi sumproduct:

Array1 adalah kumpulan data pertama yang akan kita kalikan atau jumlahkan.

Array2 adalah kumpulan data kedua yang akan kita kalikan atau jumlahkan.

Array3 adalah kumpulan data ketiga yang akan kita kalikan atau jumlahkan.

Kita juga bisa menambahkan lebih banyak array lagi pada rumus jika diperlukan, dengan catatan dimensi argument array tersebut harus sesuai/sama. Dan yang perlu di ingat juga adalah data array yang tidak berupa angka numeric akan dianggap sebagai angka nol (0).

Contoh Rumus Sumproduct Excel

Sekarang waktunya kita ke contoh dalam menggunakan fungsi sumproduct pada Microsoft Excel, dengan harapan bahwa kalian lebih memahami apa yang telah kami sampaikan diatas. Simak baik-baik penjelasan kami dibawah ini ya, jika tidak maka awas kalian 😊.

Contoh Rumus Sumproduct Excel

Setelah melihat contoh gambar diatas, apakah kalian merasa kebingungan? Jika ia maka silahkan tuliskan keluh kesah kalian pada kolom komentar yang telah kami sediakan dibawah artikel ini. Oke..

Sinkatnya, fungsi sumproduct akan melakukan penjumlahan Ketika kita menginputkan satu array saja. Namun, Ketika kita menginputkan lebih dari satu array maka fungsi sumproduct excel akan melakukan perkalian antar array yang kita inputkan, hal tersebut jelas terlihat pada rumus pada cell A9 sampai A11.

Sementara untuk rumus yang ada pada cell A12 dan A13 adalah contoh penggunaan fungsi sumproduct excel yang salah. Nilai error yang dihasilkan itu karena dimensi/tinggi dan lebar array yang dimasukkan tidaklah antar array 1 dengan yang lainnya.

Supaya lebih matang lagi pengetahuan kalian tentang rumus sumproduct maka tidak lain dan tidak bukan kalian harus terus Latihan menggunakan fungsi tersebut.

Demikian pembahasan kita pada kesempatan yang baik ini, semoga apa yang kita pelajari hari ini dapat memberikan manfaat serta pahala yang berlimpah dari Allah SWT, Aamiin.

Artikel Lainnya:

Cara Mengelompokkan Data Pada Pivot Table Excel

Cara Input Data Menggunakan Data Form Excel

Rumus Lower, Upper, Proper Pada Excel

Rumus Left, Right, Mid Pada Excel 

Rumus IFERROR Pada Excel

Rumus And Pada Microsoft Excel

Rumus Or Pada Excel

Rumus Not Pada Excel

Rumus Find Pada Excel

Rumus Search Pada Excel

Rumus Fungsi LEN Pada Excel

Rumus TRIM Pada Excel

Rumus Substitute Pada Excel

Rumus Replace Pada Excel

Rumus Text Pada Excel

Rumus Exact Pada Excel

Rumus Index Pada Excel

Rumus Match Pada Excel

Rumus Offset Pada Excel

Rumus Address Pada Excel

Rumus Indirect Pada Excel

Rumus Subtotal Pada Excel

Rumus Sum Pada Excel

Rumus Sumif Pada Excel

Rumus SUMIFS Pada Excel

Rumus Sumproduct Excel



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rumus Sumproduct Excel"

Posting Komentar