Rumus Floor Pada Excel

Apa kabar semuanya? Semoga dalam keadaan terbaik sehingga hari ini kalian bisa menjalani aktivitas kalian dengan sempurna.

Hampir satu minggu rasanya kami tidak mengupdate artikel dikarenakan satu dan lain hal, dan saat ini kami akan membahas tentang rumus floor pada excel yang dimana fungsi ini adalah lawan dari fungsi ceiling pada excel yang telah kita pelajari sebelumnya.

Apa itu Rumus/Fungsi Floor Pada Excel?

Fungsi Floor excel merupakan fungsi pada excel yang digunakan untuk melakukan pembulatan angka kearah bawah yang lebih dekat dengan kelipatan tertentu yang telah kita tentukan sebelumnya.

Fungsi ini benar-benar bertolak belakang dengan Fungsi Ceiling Excel karena fungsi ceiling membulatkan angka kebilangan terdekat ke arah atas dari kelipatan yang telah ditentukan sebelumnya.

Baca Juga : Rumus Text Pada Excel

Cara Menggunakan Fungsi Floor Excel

Perhatikan rumus dibawah ini.

FLOOR(angka; kelipatan)

Ket:

Angka merupakan argument berisi bilangan desimal angka yang ingin kita bulatkan.

Kelipatan merupakan argument yang birisi bilangan desimal angka kelipatan yang menjadi acuan dalam melakukan pembulatan.

Sekarang untuk lebih jelasnya lagi, saya mengajak kepada seluruh masyarakat yang hadir disini untuk memperhatikan dengan seksama contoh yang telah kami siapkan dibawah.

Baca Juga : Rumus Offset Pada Excel

Contoh Penggunaan Fungsi Floor Excel

Lihat dan pahamilah contoh yang telah kami siapkan dibawah ini.

Contoh Penggunaan Fungsi Floor Excel

Rumus yang pertama diatas =FLOOR(A2;B2), ini berarti kita akan memunculkan nilai pembulatan dari kelipatan 3 ke arah bawah dari angka pecahan 5,5 maka dari itu hasilnya adalah 3.

Sementara untuk rumus yang ke dua =FLOOR(A3;B3), ini berarti kita akan memunculkan nilai pembulatan dari kelipatan 3 kearah bawah dari angka pecahan 1,5 maka hasilnya adalah 0.

Untuk rumus selanjutnya saya yakin kalian sudah pasti paham kenapa pada rumus yang ke-3 hasilnya adalah -6 dan pada rumus yang ke-4 hasilnya adalah -8.

Sesimple itulah penggunaan dari fungsi floor excel ini, jadi saya harap kalian tidak ada yang merasa kebingungan apa lagi sampai lupa ingatan. Namun, jika memang ada yang ingin kalian tanyakan kepada kami maka silahkan saja tuliskan pada kolom komentar dibawah artikel ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rumus Floor Pada Excel"

Posting Komentar