Fungsi Excel Yang Berkaitan Dengan Waktu

 Jayanti.me.- Apa kabar kalian hari ini wahai sahabat jayanti yang baik hati dan tidak sombong? Semoga masih sehat bugar ya, karena hari ini kita akan belajar lagi tentang materi excel dengan bahasan yang baru.

Apa yang akan kita bahas hari ini? yaitu tentang Rumus Waktu Pada Excel atau yang lebih akrab dipanggil dengan fungsi date and time pada excel.

Apa saja fungsi yang dikategorikan sebagai date and time pada Microsoft excel? berikut ini telah saya rangkum dalam bentuk tabel sehingga mudah untuk kalian mengerti.

Fungsi Excel

                                   Keterangan

NOW

Rumus excel untuk menghasilkan nomor seri tanggal dan waktu sekarang ini.

TIME

Rumus excel untuk menghasilkan format waktu berdasarkan input jam, menit, dan detik di excel.

TIMEVALUE

Rumus Excel untuk menkonversi teks yang menunjukkan waktu menjadi nilai decimal atau format waktu yang dikenal oleh Microsoft Excel.

SECOND

Rumus Excel untuk menghasilkan nilai detik dari sebuah Format Waktu di excel

MINUTE

Rumus Excel untuk menghasilkan nilai Menit dari sebuah format waktu di excel

HOUR

Rumus Excel yang digunakan untuk menghasilkan nilai JAM dari sebuah format waktu di excel.

Jadi mari kita bahas satu persatu dengan singkat, padat dan jelas. Sehingga mudah untuk kalian pahami. Yuuk simak penjelasan saya berikut ini.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Tab Developer Di Excel

Fungsi NOW Excel

Rumus excel yang digunakan untuk menghasilkan nomor seri tanggal dan waktu hari ini saja. informasi tanggal dan waktu ini tentunya diambil dari sistem komputer yang sedang kalian gunakan tentunya. Bukan dari komputer tetangga kalian J

Cara Menggunakan Fungsi NOW

Cara menggunakannya tentu menggunakan sintak seperti dibawah ini.

=NOW()

Jadi kalian hanya tinggal mengetikkan rumus diatas maka kalian akan mendapatkan nomor seri tanggal dan waktu saat ini, jika kalian tidak percaya silahkan kalian coba sendiri.

Fungsi TIME Excel

Rumus excel yang digunakan untuk menghasilkan format waktu berdasarkan input jam, menit, dan detik di excel, Tentunya berdasarkan informasi jam, menit dan detik dari komputer kalian juga. Angka decimal yang dihasilkan oleh Fungsi Time merupakan nilai yang dimulai dari angka nol sampai 0,99988426, dan menyatakan waku dari jam 0:00:00 (12:00:00 AM) sampai 23:59:59 (11:59:59 P.M.).

Cara Menggunakan Fungsi TIME

Menggunakan fungsi ini tentunya dengan rumus juga, yaitu:

=TIME(jam;menit;detik)

  • Jam : untuk angka dari 0 sampai 32767 yang menyatakan Jam. Nilai apapun yang lebih besar dari 23 akan dibagi dengan 24 dan sisanya akan dianggap sebagai nilai Jam.
  • Menit : untuk angka dari 0 sampai 32767 yang menyatakan sebuah menit. Nilai apapun yang lebih besar dari 59 akan dikonversi menjadi jam dan menit.
  • Detik : untuk angka dari 0 sampai 32767 yang menyatakan detik. Nilai apapun yang lebih besar dari 59 akan dikonversi menjadi jam, menit, dan detik.

Fungsi TIMEVALUE Excel

Rumus Excel ini digunakan untuk menkonversi teks yang menunjukkan waktu menjadi nilai decimal atau format waktu yang dikenal oleh Microsoft Excel.

Misalkan kalian mendapatkan data tanggal dan waktu dari sumber yang lain dalam bentuk teks. Maka kalian harus mengubahnya menjadi format tanggal dan waktu yang sesuai dengan kaedah format tanggal dan waktu pada komputer supaya dikenal oleh excel, dan disinilah peran dari fungsi TIMEVALUE ini.

Cara Menggunakan Fungsi TIMEVALUE

Menggunakan rumus sebagai berikut:

=TIMEVALUE(teks_waktu)

Teks_waktu adalah argument teks dalam bentuk teks secara lansung atau dari referensi sel tertentu pada excel dalam bentuk angka.

Fungsi SECOND Excel

Rumus Excel digunakan untuk menghasilkan nilai detik dari sebuah Format Waktu di excel. rentang angka yang dihasilkan pun adalah angka 0 sampai angka 59 yang menunjukkan angka detik dari sebuah nilai waktu yang diberikan.

Cara Menggunakan Fungsi SECOND

Menggunakan rumus juga yaitu:

=SECOND(waktu)

Argumen waktu merupakan angka decimal yang menunjukkan porsi waktu baik yang ditulis langsung atau dari referensi sel lain yang menunjukkan format waktu yang ingin anda ambil nilai angka detiknya.

Baca Juga : Mengenal Status Bar Di Excel

Fungsi MINUT Excel

Rumus Excel ini digunakan untuk menghasilkan nilai Menit dari sebuah format waktu di excel. nilai menit ditentukan sebagai bilangan bulat, rentangnya antara 0 sampai 59.

Cara Menggunakan Fungsi MINUTE

Cara menggunakan Fungsi MINUTE Pada Excel yaitu:

=MINUTE(waktu)

Argument waktu ini merupakan decimal yang menunjukkan porsi waktu. Baik dari referensi sel ataupun nilai yang diketik secara langsung.

Fungsi HOUR Excel

Rumus Excel yang digunakan untuk menghasilkan nilai JAM dari sebuah format waktu di excel. nilai Jam yang diberikan adalah bilangan bulat yang dimulai dari 0 (12:00 AM) hingga 23 (11:00 PM).

Cara Menggunakan Fungsi HOUR

Rumusnya adalah sebagai berikut:

=HOUR(waktu)

Argument waktu merupakan angka decimal yang menunjukkan porsi waktu baik yang ditulis secara langsung maupun berasal dari referensi sel.

Contoh Penggunaan Fungsi Now, Time, TimeValue, Second, Minute, Hour Pada Excel

Berikut ini adalah contoh penggunaan Fungsi-Fungsi yang telah kita sama-sama pelajari diatas, sebagi berikut:

Sengaja saya satukan contoh dari semua fungsi diatas dalam satu worksheet, agar kalian melihat secara langsung perbedaan penggunaan dari semua fungsi yang telah kita bahas diatas.

Sampai disini dulu bahasan kita pada kesempatan yang baik ini dan jangan lupa untuk mengunjungi artikel kami yang lainnya.

Artikel Terkait:

Pengertian WorkBook dan WorkSheet

Rumus IF Pada Excel

Rumus Vlookup Excel

Rumus Hlookup Excel

Cara Freeze Panel Di Excel

Cara Print Di Excel

Rumus Array Pada Excel

Cara Melakukan Penjumlahan Pada Excel

Rumus Menjumlahkan Data Dengan Sebuah Kriteria

Rumus Menghitung Jumlah Data Dengan Banyak Kriteria

Cara Membuat Angka Random Pada Excel

Cara Membuat Angka Random Yang Tidak Kembar Di Excel

Cara Menghitung Sisa Pembagian Excel

Rumus Persen (%) Excel

Pengenalan Quick Access Toolbar Excel

Pengenalan Formula Bar Pada Excel

Tipe Data Pada Excel

Cara Cut, Copy, Paste Di Excel

Panduan Cara Input Data Excel

Panduan Auto Fill Data Pada Excel

Menggunakan Text To Kolom Untuk Memisahkan Isi Sel

Cara Menggunakan Fitur Find Di Excel

Cara Menggunakan Fitur Replace Di Excel

Perbedaan Fungsi Or Dengan And Pada Excel

Fungsi Excel Yang Berkaitan Dengan Waktu

Semoga bermanfaat.

 







Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fungsi Excel Yang Berkaitan Dengan Waktu"

Posting Komentar